Pada Februari 2023, PT KCI Layani Delapan Juta Pengguna KRL

Petugas membersihkan mesin tap in dan tap out di Stasiun BNI CIty, Jakarta, Kamis (28/7/2022)
Petugas membersihkan mesin tap in dan tap out di Stasiun BNI CIty, Jakarta, Kamis (28/7/2022)

Gemapos.ID (Jakarta) - Manajemen PT KAI Commuter Indonesia (KCI) mencatat sebanyak lebih dari delapan juta orang menjadi pengguna kereta rel listrik (KRL) atau "commuterline" selama dua pekan pertama Februari 2023.

"Total volume pengguna sepanjang bulan Februari ini sebanyak 8.099.547 orang dari 82 stasiun yang kami kelola," kata Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu.

Anne menambahkan, menurut data PT KCI, pada Minggu sore pukul 15.00 WIB, tercatat volume pengguna KRL di seluruh stasiun di Jabodetabek sebanyak 233.909 orang.

Sedangkan pada Sabtu kemarin, khusus volume pengguna Stasiun Manggarai tercatat sebanyak 151.358 orang dengan rata-rata volume pengguna pada hari kerja sejumlah 14.606 orang dan 11.503 orang tiap harinya pada hari libur.

"Sedangkan untuk rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sekitar 125 hingga 160 ribu orang per harinya," tambahnya.

Untuk pola operasi perjalanan KRL, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan commuterline tiap harinya yang dimulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB.

Tercatat juga persebaran pengguna pada hari kerja mulai pukul 06.30 hingga 08.30 WIB pada pagi hari dan pukul 17.00 hingga 19.00 WIB pada jam sibuk sore hari.

PT KAI Commuter Indonesia bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta juga terus berkoordinasi dengan DJKA dalam memenuhi fasilitas-fasilitas pelayanan yang ada di area Stasiun Manggarai (Jakarta Selatan).

Untuk meningkatkan pelayanan, KAI Commuter menyiagakan petugas-petugas yang siap melayani jika pengguna membutuhkan informasi dan bantuan.

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna agar menggunakan aplikasi KRL Access untuk merencanakan perjalanan, mengecek jadwal perjalanan hingga kepadatan stasiun.

Para penumpang yang membutuhkan bantuan informasi terkait perjalanan commuterline bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses layanan media sosial @commuterline serta laman di commuterline.id.(pa)