Menteri PPPA Sampaikan Ini untuk Momentum Hari Ibu

Menteri PPPA Bintang Puspayoga (kedua kiri) menaburkan bunga ke atas makam pejuang perempuan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu (21/12/2022). (ant)
Menteri PPPA Bintang Puspayoga (kedua kiri) menaburkan bunga ke atas makam pejuang perempuan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu (21/12/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau dikenal Bintang Puspayoga mengatakan momentum Peringatan Hari Ibu harus menjadi inspirasi bagi perempuan untuk mengisi pembangunan di Indonesia.

"Momentum Hari Ibu harus menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia. Para perempuan punya peran dalam kegiatan kemerdekaan. Kami harap perempuan bisa isi pembangunan," ujarnya usai melakukan kegiatan ziarah ke makam pahlawan perempuan di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Rabu (21/12/2022).

Bintang menuturkan pihaknya mengajak semua perempuan tidak hanya menjadi penikmat pembangunan, tetapi juga harus berperan dalam mengisi pembangunan tersebut.

Menurut dia ketangguhan perempuan selama masa pandemi COVID-19 sudah terbukti dan teruji. Para perempuan tidak hanya menjadi isteri, ibu bagi anak-anak, tetapi juga menjadi guru dan penggerak ekonomi melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021, sebanyak 64,5 persen dari total UMKM dikelola oleh kaum perempuan. Angka yang besar itu menandakan bahwa perempuan punya andil dalam menggerakkan roda ekonomi nasional.

Bintang memandang meski ada prediksi yang menyebutkan bahwa tahun 2023 akan sulit di tengah ancaman resesi global, namun ia yakin dan percaya para perempuan di Indonesia akan mampu menghadapi tantangan tersebut.

"Untuk itu, para perempuan di seantero Nusantara, marilah terus berkarya. Saya harapkan perempuan di seluruh Indonesia menjadi sosok yang mandiri dengan kerja-kerja inovatif, kreatif, percaya diri dengan terus meningkatkan kualitas diri untuk menyejahterakan semua," ucapnya.

"Pada momentum Hari Ibu, saya sampaikan kepada seluruh perempuan Indonesia, ucapan terima kasih atas kerja kerasnya, terima kasih atas kontribusi pada perempuan Indonesia tidak hanya kepada keluarganya, tidak hanya kepada lingkungannya, tetapi juga kepada bangsa dan negara kita cintai," pungkas Bintang. (dw)