Jangan Mau Diintervensi, KMHDI Beri Dukungan KPU dan BAWASLU

Ketu Presidium KMHDI, I Putu Yoga Saputra . (ist)
Ketu Presidium KMHDI, I Putu Yoga Saputra . (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Saat ini tahapan pemilu sudah sampai pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu. KPU sebagai penyelenggara dan telah mempersiapkan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan tahapan-tahapan pemilu 2024. Begitu juga dengan Bawaslu yang hari ini telah melaksanakan tugasnya untuk mengawasi pemilu.

Sehubungan dengan hal tersebut, PP KMHDI mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu yang telah menjalankan tugas dan tupoksinya hingga hari ini

"Kami mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu hingga persiapan hari ini, banyak tahapan yang akan dipersiapkan untuk kesuksesan pemilu 2024," kata I Putu Yoga Saputra, Presidium PP KMHDI dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin (12/12/2022).

Yoga juga menjelaskan bahwa salah satu tantangan besar penyelenggaraan demokrasi di Indonesia adalah situasi geografis.

"Hingga hari ini tantangan besar dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia adalah situasi geografis, ini menjadi tantangan yang tidak mudah bagi KPU dan Bawaslu untuk menjalankan tugasnya," Jelas  I Putu Yoga Saputra.

Ia juga menambahkan bahwa menuju tahun 2024 situasi akan menjadi riuh,  sehingga harapanya KPU dan BAWASLU tetap berpegang teguh dengan keputusan dan dasar hukum yang berlaku. 

"Menuju 2024, akan menjadi tahun-tahun dengan eskalasi aktivitas politik yang tinggi. KPU dan BAWASLU harus berpegang teguh dengan keputusan-keputusan yang ada tanpa ada intervensi kepentingan-kepentingan dengan tetap berlandaskan dengan hukum yang berlaku," harapnya.

Pesta demokrasi tahun 2024 akan menjadi tahun politik yang panas dan sarat kepentingan,  KMHDI berharap KPU dan BAWASLU konsisten sebagai penyelenggara dan pengawas demokrasi. (rk)