Kini Pemkot Telah Lakukan Identifikasi di Enam Lokasi Penanaman Pohon di Palmerah

Pemandangan di wilayah Palmerah
Pemandangan di wilayah Palmerah

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kota Jakarta Barat telah mengidentifikasi enam lokasi penanaman pohon di setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Palmerah.

"Satu kelurahan diwajibkan satu titik, salah satu titik yang akan ditanam di Taman Interaktif RW 17 Kelurahan Palmerah," kata Camat Palmerah, Joko Mulyono saat dihubungi di Jakarta, Kamis (3/11).

Joko mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang menginstruksikan seluruh wilayah menanam pohon guna mencegah banjir.

Menurut Joko, para lurah di Kecamatan Palmerah sedang memastikan lokasi yang paling tepat untuk ditanami pohon. "Pohon yang ditanam bisa pohon produktif dan tidak produktif. Sesuai dengan luas lokasi," kata Joko.

Setelah lokasi di setiap kelurahan sudah dipastikan, pihak Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) serta Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan melakukan survei ke lokasi lahan tersebut guna persiapan penanaman pohon.

Joko memastikan penanaman bisa segera dilakukan. "Dipastikan bulan ini penanaman pohon sudah dilakukan," kata dia.

Sebelumnya, Heru meminta kepada seluruh Wali Kota untuk menanam pohon sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir di DKI Jakarta.

"Dalam memasuki musim hujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk titiknya di mana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Heru juga menyebutkan, jumlah pohon yang harus ditanam sekitar 600 hingga 1.000 pohon dan penanaman pohon tersebut diberi waktu selama satu bulan.

"Seperti kemarin Wali Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon di Becakayu dan saya kasih waktu satu bulan," kata Heru.(ri)