Usai di Bali, Peserta R20 akan Berkunjung ke Yogyakarta dan Magelang Lakukan Ini

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat pembukaan R20, Badung, Bali, Rabu (2/11/2022). (twitter: @YahyaCStaquf)
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat pembukaan R20, Badung, Bali, Rabu (2/11/2022). (twitter: @YahyaCStaquf)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengatakan, usai penyelenggaraan R20 di Bali, pihaknya akan membawa serta partisipan mengunjungi Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah.

“Dari Bali pada tanggal 4 November 2022, kami akan mengajak peserta ke Yogyakarta," kata Gus Yahya di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (2/11/2022).

Gus Yahya menjelaskan, seluruh rangkaian kunjungan ke Yogyakarta dan Magelang itu ditujukan untuk menunjukkan harmoni Indonesia.

Ia berharap, replika keragaman budaya di dua daerah tersebut bisa menginspirasi dan menjadi sumbangan Indonesia bagi perdamaian global.

"Untuk memperlihatkan kenyataan Indonesia yang heterogen, tapi toleran dan harmonis yang bisa menjadi inspirasi yang disumbangkan Indonesia," ujar dia.

Menurut jadwal panitia, usai dari Bali, rombongan partisipan R20 akan bertolak ke Yogyakarta pada Jumat, 4 November 2022.

Mereka secara berurutan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Universitas Islam Indonesia, lalu Pondok Pesantren Pandanaran.

Gus Yahya menyampaikan bahwa antusiasme partisipan tampak bahkan sejak upacara pembukaan forum.

"Alhamdulillah upacara pembukaan telah berlangsung dengan sangat lancar dan kami melihat antusiasme, semangat yang luar biasa dari para peserta-pembicara," ucap dia.

"Kami melihat satu suasana yang memperlihatkan para peserta memiliki keprihatinan yang tulus, semangat yang tulus untuk bersama memberikan sumbangan yang konstruktif bagi kemanusiaan dan masa depan peradaban," tuturnya.

Forum R20 International Summit of Religious Leaders mengangkat tema "Revealing and Nurturing Religion as a Source of Global Solutions: A Global Movement for Shared Moral and Spiritual Values”.

Forum R20 akan mempertemukan para pemimpin agama dan sekte-sekte dunia dengan peserta utama dari negara-negara anggota G20 dan negara nonanggota presidensi G20.

G20 Religion Forum (R20) resmi digelar di Nusa Dua, Bali, Rabu. Perhelatan akbar berskala internasional itu akan mempertemukan pemimpin agama-agama dunia untuk duduk bersama dan membangun dialog yang jujur dan lugas mengenai kontribusi agama bagi peradaban dunia.

Forum tersebut akan berlangsung di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua Bali, 2-3 November 2022.

Total negara negara yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20 sebanyak 32 negara dengan 464 partisipan. Forum tersebut akan menghadirkan 40 pembicara dari lima benua.