Hari Batik Nasional, Sea World Ancol Bakal Gelar Acara Spesial

Sea World Ancol. (ist)
Sea World Ancol. (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sea World Ancol akan menggelar acara spesial berjudul October Legacy mulai 1-9 Oktober 2022 dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober.

Suguhan kolaborasi budaya dan sejarah ini bakal menampilkan rangkaian acara seru dan menarik, khususnya dalam bidang industri ekonomi kreatif dan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia.

VP Tirta Taman Impian Jaya Ancol, Rika Sudranto mengatakan, batik merupakan warisan kebudayaan Indonesia yang patut dilestarikan dan diperkenalkan kepada anak-anak Indonesia sejak dini.

“Oleh karena itu Sea World Ancol hadirkan event spesial kolaborasi antara kehidupan biota laut bersama Akeyla Naraya, desainer muda Batik Indonesia,” ujarnya, Kamis (29/9/2022).

Rika menjelaskan, berbagai keunikan batik dihadirkan untuk pengunjung. Salah satunya dengan menampilkan berbagai biota ikan yang memiliki pola tubuh seperti batik.

Ikan tersebut seperti ikan Batik Oscar yang memilki pola batik menyala, Ikan Discus yang memiliki pola indah seperti batik mega mendung serta Guppy Long Tail yang memiliki ekor panjang menawan seperti kain batik.

“Ketiga biota ini dapat ditemukan di akuarium khusus Aquascape serta temukan kembali Ikan Coelacanth yang istimewa karena merupakan ikan purba Indonesia yang menjadi Warisan Indonesia untuk dunia,” kata Rika.

Menurut Rika, salah satu pertunjukkan utama adalah Fashion Show Batik dalam air. Akeyla Naraya akan menggelar pagelaran busana pertama yang diadakan secara hybrid di darat dan dalam air.

Fashion Show Batik di dalam akuarium utama Sea World Ancol akan menampilkan baju karya Akeyla yang didesain secara khusus. Fashion show tersebut juga dipertunjukan dalam seni tari Batik Bercerita mengenai kerajaan Tarumanegara. 

Rika menuturkan, keunikan lainnya, sajian kue ikan berukuran tinggi dua meter yang berisi ikan-ikan pakan segar yang  dipersembahkan untuk semua biota penghuni akuarium Utama Sea World Ancol.

“Fashion Show dan Pertunjukkan Kue Ikan dapat disaksikan pengunjung pada 2 Oktober 2022,” ucap Rika.

Bukan hanya itu, October Legacy juga menjadi sebuah ruang khusus yang dipersembahkan untuk sahabat difabel dalam menunjukan bakat membatiknya serta menampilkan karyanya selama periode tanggal 1-9 Oktober 2022. Operet anak yang mengemas sejarah tarian dan cerita hewan laut akan tampil pada 8 Oktober 2022.

Pengunjung juga dapat menyaksikan paduan suara bersama violin sahabat difabel yang akan membawakan berbagai lagu historikal warisan penciptanya di tanggal 9 Oktober 2022.

“Keseruan, kegembiraan dan berbagai nilai edukasi akan menjadi bagian dalam Peringatan Hari Batik Nasional sekaligus dapat menjadi inspirasi dan menggali potensi anak-anak dalam mengejar cita-citanya serta melestarikan warisan yang ada,” tandas Rika. (rk/rls)