Komisi X Setujui Naturalisasi 2 Pemain, Menpora: Terima Kasih

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama PSSI yang diwakili Sekjen PSSI Yunus Nusi mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/12). (gemapos/kemenpora,go.id)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama PSSI yang diwakili Sekjen PSSI Yunus Nusi mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/12). (gemapos/kemenpora,go.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama PSSI yang diwakili Sekjen PSSI Yunus Nusi mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2023). 

Dalam rapat tersebut, Komisi X DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada dua pemain sepak bola asal Belanda yakni Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On.

Nathan Tjoe-A-On saat ini bermain untuk Swansea City. Klub berjulukan The Swans itu saat ini berlaga di liga level kedua di Inggris. Sedangkan Jay Idzes kini bermain untuk klub kasta kedua Liga Italia alias Serie B yakni Venezia FC.

Menpora Dito menyampaikan apresiasi atas hasil keputusan Komisi X DPR RI yang telah menyetujui pemberian kewarganegaraan RI kepada dua pemain sepak bola asal Belanda tersebut yaitu Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI yang menyetujui rekomendasi ini. Semoga ini bisa bermanfaat banyak untuk olahraga Indonesia khususnya sepak bola," kata Menpora Dito dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, permintaan naturalisasi pemain keturunan yakni Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, merupakan pemain yang sudah terbiasa bermain di Negara Belanda dan Inggris.

"Mereka merupakan pemain dengan kemampuan menguasai bola dan memiliki permainan dengan insting yang baik. Hal ini menjadi alasan mengingat kemampuan teknik atlet tersebut  dibutuhkan untuk melengkapi kemampuan pesepakbola lokal baik untuk kepentingan timnas sepak bola maupun kepentingan liga profesional," ujarnya. 

"Pemain sepak bola asal Belanda tersebut berkeinginan untuk menjadi Warga Negara Indonesia karena yang bersangkutan dibutuhkan untuk memperkuat timnas sepak bola Indonesia untuk di proyeksikan jangka panjang (di atas 5 tahun) untuk target peringkat 100 besar FIFA dan 10 besar Asia FIFA Matchday, serta dibutuhkan untuk pertandingan di SEA Games, Asian Games dan AFC Asian Cup," tambahnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian yang menjadi pimpinan rapat kerja menyampaikan kesimpulan setelah seluruh fraksi memberi pandangannya. Hetifah menyebut proses rekomendasi naturalisasi Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On disetujui. 

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama  Jay Noah Idzes dan  Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On, dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucapnya.

"Komisi X DPR-RI mendorong Pemerintah dan PSSI, agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dananggota Komisi X DPR RI pada raker hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," sambungnya. (ns)