Apa Penyebab ‘Warung Brebes Pesona Dua Putri’ Tidak Terbakar?

Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jaksel menilai kompartemenisasi sebagai salah satu faktor warung di Simprug Golf II, Grogol Selatan tidak terbakar.
Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jaksel menilai kompartemenisasi sebagai salah satu faktor warung di Simprug Golf II, Grogol Selatan tidak terbakar.

Gemapos.ID (Jakarta) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) menilai kompartemenisasi sebagai salah satu faktor warung di Simprug Golf II, Grogol Selatan tidak terbakar. 

"Karena terkompartemenisasi jadi terlindungi dari potensi rambatan api. Coba lihat bangunan yg melindungi warteg itu bagaimana konstruksi bangunannya," kata Perwira Piket Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Deni Andreas pada Rabu (24/8/2022). 

Ilmu kompartemenisasi kebakaran adalah batas atau pemisahan bangunan berdasarkan tingkat ketahanan terhadap api pada bangunan.

Bangunan warung bernama ‘Warung Brebes Pesona Dua Putri’ terbuat dari bata ringan atau hebel di semua sisi rumahnya yang bisa menahan api.

Hal ini mempengaruhi warung itu tetap kokoh dan terlindungi, walaupun ratusan rumah di sekelilingnya terbakar api lantaran tidak dilakukan kompartemenisasi.

Artinya, ratusan bagunan sekelilingnya tidak memakai bahan bata ringan (hebel) dan kebanyakan memakai bahan semi permanen seperti kayu.

Dengan demikian, salah satu solusi jika ingin membangun rumah kembali maka warga harus memahami ilmu kompartemenisasi dalam pembangunan rumah.

Warga harus menciptakan kompartemenisasi untuk bangunan supaya jika terdapat sumber kebakaran maka rumah bisa terlindungi sendiri. (ant/din)