Apakah Indonesia Sudah Terjangkit Cacar Monyet Sekarang?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kasus terkonfirmasi cacar monyet pertama di Indonesia.
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kasus terkonfirmasi cacar monyet pertama di Indonesia.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan kasus terkonfirmasi cacar monyet pertama di Indonesia yaitu seorang laki-laki berumur 27 tahun berasal dari DKI Jakarta yang merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri (PPLN). 

"Ada demam, kemudian juga ada pembesaran kelenjar limpa, tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat dan ada cacar-nya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan, kaki dan sebagian di sekitar alat genitalia," kata Juru Bicara (Jubir) Kemenkes Mohammad Syahril do Jakarta pada Sabtu (20/8/2022). 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta dinilai merespons cepat saat pasien bergejala cacar monyet dengan melakukan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). 

Namun, pasien cacar monyet dari Jakarta dinilai Syahrial hanya memiliki gejala ringan. Sehingga dia tidak perlu dirawat di ruang isolasi, tapi hanya melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dengan demikian, Dinkes Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pelacakan kontak erat terhadap pasien tersebut.

"Kasus cacar monyet ini adalah kasus yang menular yang memerlukan contact tracing kepada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien tersebut," ucapnya. 

Kemenkes juga mengemukakan sampai sekarang sudah 23 kasus suspect cacar monyet yang ditangani dan dari jumlah tersebut 22 orang dinyatakan negatif cacar monyet melalui pemeriksaan PCR. (ant/moc)