Komandan Lantamal III Hadiri Upacara Peresmian Serta Pengukuhan Komandan KRI Teluk Calang-524

Upacara peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Teluk Calang- 524 dan penandatanganan Berita Acara Penyerahan KRI, Kapal perang AT-7 KRI Teluk Calang – 524
Upacara peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Teluk Calang- 524 dan penandatanganan Berita Acara Penyerahan KRI, Kapal perang AT-7 KRI Teluk Calang – 524

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin jalannya upacara peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Teluk Calang- 524 dan penandatanganan Berita Acara Penyerahan KRI, Kapal perang AT-7 KRI Teluk Calang – 524 Akan memperkut jajaran komando lintas laut militer (Kolinlamil), kapal ini di pesan TNI Angkatan Laut digalangan PT Daya Radar Utama Lampung.

Dalam acara tersebut Kasal menyampaikan amanatnya yang menyatakan pembangunan kapal ini mengandung dua makna penting. yang pertama, ini merupakan bagian dari perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut, sekaligus realisasi dari program prioritas pimpinan TNI Angkatan Laut, yaitu modernisasi alutsista serta upaya pemenuhan kebutuhan alutsista TNI AL. 

Selanjutnya, pembangunan kapal di galangan dalam negeri adalah wujud dari komitmen pimpinan TNI Angkatan Laut untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah, yaitu peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta kemandirian industri pertahanan sebagaimana selalu ditekankan oleh presiden joko widodo dalam berbagai kesempatan.

Sementara itu, KRI Teluk Calang - 524 merupakan kapal ke- tujuh dari kelas teluk bintuni. teluk calang sendiri diambil dari nama sebuah teluk di aceh jaya, nanggro aceh darussalam. sejak hari ini KRI Teluk Calang-524 secara resmi masuk dalam jajaran TNI Angkatan Laut dan selanjutnya akan ditugaskan untuk memperkuat satlinlamil 1 jakarta.

Selain acara Delivery dan peresmian, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M jugA Mengukuhkan Letkol Laut (P) Bagus Waluya, M.Tr Opsla sebagai komandan pertama KRI Teluk Calang-524.(tni/pa)