Tanggapan Jokowi Soal Mendag Bagikan Minyak Goreng Sambil Kampanye

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07/2022). (sumber: setpres)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/07/2022). (sumber: setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait santernya pemberitaan Mendag Zulkifli Hasan yang membagikan minyak goreng murah sambil mengkampanyekan anaknya.

Dalam tanggapannya Jokowi meminta menterinya untuk fokus bekerja. 

Hal tersebut disampaikan saat menjawab pertanyaan awak media usai menyerahkan bantuan sosial di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (12/7/2022).

“Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya.

“Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium,” jelas Presiden.

Presiden menjelaskan, dari sejumlah pasar yang ia kunjungi harganya memang sudah berada di kisaran harga tersebut.

“Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan,” ungkap Presiden.

Dikethui, santer pemberitaan terkait Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menyelipkan kepentingan politik pribadi dan golongannya dalam acara pembagian minyak goreng curah gratis.

Mendag Zulhas dikabarkan meminta warga memilih putrinya dalam pemilu legislatif (Pileg) nanti, saat membagikan minyak goreng curah gratis di Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, dalam acara PAN-SAR Murah, Sabtu (9/7/2022) lalu. (rk/rls)