Jokowi Pantau Stok Beras di Cibitung, Kembali Serahkan Bantuan Pangan

Presiden Jokowi hari ini Jum’at (16/02) mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung. (gemapos/Bulog)
Presiden Jokowi hari ini Jum’at (16/02) mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung. (gemapos/Bulog)

Gemapos.ID (Jakarta) - Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Barat, Presiden Jokowi hari ini Jum’at (16/02) mengecek ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bulog Cibitung dan kembali menyerahkan langsung Bantuan Pangan Beras kepada Keluarga Penerima Manfaat di Cikarang Barat Bekasi.

Presiden dalam sambutannya menyampaikan pemenuhan kebutuhan pangan merupakan prioritas pemerintah saat ini, untuk itu program-program pemerintah yang berdampak langsung ke masyarakat seperti Bantuan Pangan ini sedang diupayakan untuk diperpanjang hingga bulan Juni menyesuaikan dengan kondisi keuangan negara.

“Diseluruh dunia saat ini sedang terjadi krisis pangan jadi harga beras mengalami kenaikan, tapi di negara kita rakyat kita bantu dengan Bantuan Pangan Beras ini sebanyak 10 kg perbulan. Bantuan ini akan disalurkan sampai dengan Juni dan seterusnya melihat kondisi APBN” ujar Jokowi

Selanjutnya itu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi yang ikut mendampingi Presiden menambahkan bahwa Bantuan Pangan Beras sudah mulai disalurkan kembali sejak kemarin (15/02) serentak seluruh Indonesia setelah libur beberapa hari saat masa tenang pemilu.

“Bantuan Pangan beras disalurkan kembali pasca Pemilu dan kembali ditegaskan program ini tidak memiliki keterkaitan dengan kepentingan apapun, sehingga dapat dipastikan tujuannya adalah membantu pemenuhan pangan masyarakat yang membutuhkan”, kata Arief.

Kemudian Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi menyampaikan bahwa BULOG sudah menyiapkan stok Cadangan Beras Pemerintah ini dengan baik untuk pelaksanaan program-program seperti Bantuan Pangan Beras ini.

“Stok beras yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton dan sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran Bantuan Pangan Beras sampai dengan bulan Juni, penyaluran beras SPHP dan menghadapi puasa serta lebaran” ujar Bayu.

Sementara itu Jamaludin (42 tahun) warga Cikarang Barat Bekasi yang merupakan salah satu penerima manfaat bermata pencaharian buruh lepas harian menuturkan dirinya merasa sangat senang dengan adanya Bantuan Pangan beras ini.

“Alhamdulillah saya seneng banget dengan bantuan ini apalagi saya cuma buruh harian lepas jadi ini ngebantu banget, harapan kami mudah-mudahan bantuan ini dilanjuti terus”, ucapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi. (ns)