Buat Pecinta Masakan Korea! Kalian Wajib Punya Bumbu Khas Korea Berikut Ini

Ilustrasi: Pembuatan kimchi dengan bumbu khas Korea
Ilustrasi: Pembuatan kimchi dengan bumbu khas Korea

Gemapos.ID (Jakarta) - Buat kamu pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan-makanan khas Korea yang sangat menggugah selera, saking menariknya masakan Korea itu pasti kamu ingin mencoba membutnya sendiri dirumah! Tapi sebelum itu kamu wajib membeli beberapa bumbu khas Korea dulu.

Bumbu masakan di dapur Korea punya ciri khas yang unik dan sebagian tak dapat disubstitusi dengan bumbu lain dengan judul serupa. Misalnya gochugaru dengan cabai bubuk, doenjang dengan miso Jepang, atau aekjeot dengan kecap ikan lokal.

Meski demikian, ada juga yang bisa disubstitusi seperti ganjang atau kecap asin dan minyak wijen. Yuk, simak berikut ini sederet bumbu masakan yang bisa kamu gunakan ke dalam berbagai masakan khas Korea favoritmu.

1. Gochugaru atau cabai bubuk

Ini adalah salah satu bumbu wajib yang tak bisa disubstitusi dengan cabai bubuk lokal yang kita punya. Alasannya adalah cita rasa pedas gochugaru cenderung tak sepedas cabai bubuk versi Indonesia. Selain itu warna merah gochugaru lebih pekat, dengan begitu kamu bisa menghasilkan warna merah seperti masakan restoran Korea. Cabai bubuk ini sering digunakan untuk kimchi, sundubu jjigae, budae jjigae, tteokbokki, dan masih banyak lagi.

2. Gochujang atau pasta kedelai pedas 

Bumbu yang satu ini dalah pasta kacang kedelai pedas yang difermentasi. Selain itu, di Korea sendiri Gochujang merupakan salah satu bumbu dasar pada masakan Korea. Sederet yang populer adalah bibimbap, buldak, ayam goreng, nasi goreng, jjigae, Korean barbeque, dan masih banyak lagi. Setelah digunakan, simpan sisa gochujang dalam kulkas agar umur simpannya lebih lama.

3. Chunjang atau pasta kacang hitam

Kalau kamu penyuka jjajangmyeon, bumbu inilah yang menjadi bahan utama saus mi hitam yang merupakan adaptasi dari budaya Cina di Korea. Cita rasanya asin dengan rasa kacang hitam fermentasi yang cukup kuat. Selain jjajangmyeon, chunjang juga digunakan dalam resep jjajang tteokbokki,  jjajang bap (nasi yang disajikan dengan protein hewani atau sayuran yang dimasak bersama saus kacang hitam), dan berbagai masakan tumis.

4. Ganjang atau kecap asin

Pada masakan Korea, ganjang digunakan sebagai bumbu marinasi, bumbu tumis, hingga sup. Meski rasa asinnya tak serupa, ganjang bisa disubstitusi dengan shoyu atau kecap asin khas Jepang. 

Saking banyak sekali digunakan pada masakan, bumbu ini sama pentingnya seperti halnya kecap asin di dapur Cina atau kecap manis di dapur Nusantara.

Ada banyak sekali hidangan yang menggunakan ganjang sebagai salah satu bumbunya. Misalnya bulgogi, japchae, kimbap, nasi goreng, bulgalbi, dan masih banyak lagi. 

5. Doenjang atau pasta kedelai

Doenjang diproses dari kacang kedelai rebus yang difermentasi dengan garam hingga bertekstur padat dan warnanya menjadi cokelat tua. Cita rasa dan kepadatan teksturnya mirip seperti miso paste di dapur Jepang. Doenjang banyak masakan sup (tang) dan stew (jjigae).

6. Aekjeot atau kecap ikan 

Banyak yang bilang kecap ikan khas Korea memiliki rasa yang unik dan kurang pas rasanya bila diganti dengan kecap ikan versi lokal atau Thailand. Kecap ikan banyak digunakan pada hidangan populer seperti kimchi, tteokbokki, jjampong, dan berbagai masakan lainnya.

Nah, itulah sederet bumbu yang wajib ada di dapurmu untuk belajar membuat masakan masakan Korea kesuakaan mu. Yuk, mulai belajar memasak hidangan negeri ginseng itu diawali dengan melengkapi isi dapurmu dengan berbagai bumbu masakan Korea yang kini bisa kamu dapat dengan mudah di supermarket atau membelinya lewat market place secara online.(mhi/ri)