Komentar Bapilu Golkar soal Koalisi Semut Merah PKB dan PKS

Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar Zainudin Amali
Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar Zainudin Amali

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP Golkar Zainudin Amali menyebut, pihaknya menyambut baik adanya Koalisi Semut Merah yang digawangi PKB dan PKS.

Menurutnya, kemunculan koalisi-koalisi partai politik menyambut pemilu memberikan pertanda kemajuan demokrasi di Indonesia.

“Ya bagus aja. Makin bagus orang partai-partai bekerja sama, makin enak untuk perhelatan pesta demokrasi kita,” kata Amali kepada awak media, Jumat (10/6/2022).

Menurut Amali, pembentukan Koalisi Semut Merah adalah hal wajar. Dalam demokrasi, semua partai politik memiliki hak untuk menentukan arah politiknya serta membentuk koalisi. 

“Ya gak apa-apa. Kan semua berhak ya. Berhak menentukan strategi dan arah serta kebijakan politik masing-masing. Kita gak boleh mencampuri,” tuturnya.

Dengan adanya koalisi-koalisi partai politik, Amali justru menyebut perhelatan pemilu 2024 mendatang akan menjadi semakin meriah.

“Kan kita namanya pesta, pesta harus senang riang gembira, jangan dalam suasana ketakuan, mencekam, itu yang kita hindari. Jadi, kerja sama di kalangan parpol menurut saya bagus lah,” pungkasnya.

Sebelumnya, santer diberitakan PKS dan PKB menjajaki pembentukan koalisi yang diberi nama Koalisi Semut Merah.

Namun, dalam aturan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), kedua parai ini belum memenuhi syarat. PKB memiliki 58 kursi di parlemen, sedangkan PKS mempunyai 50 kursi. 

Jadi, Koalisi Semut Merah masih membutuhkan tujuh kursi lagi untuk bisa mencalonkan presiden, sesuai ketentuan ambang batas pencalonan presiden yakni 20 persen kursi parlemen atau 115 kursi. (rk)