Apa Penyebab Isuzu Panther Terbakar di SPBU Batoh?

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh melakukan penyelidikan kebakaran Isuzu Panther bernomor polisi BB 1904 BB di area SPBU Batoh, Kota Banda Aceh
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh melakukan penyelidikan kebakaran Isuzu Panther bernomor polisi BB 1904 BB di area SPBU Batoh, Kota Banda Aceh

Gemapos.ID (Jakarta) - epolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh melakukan penyelidikan kebakaran Isuzu Panther bernomor polisi BB 1904 BB di area SPBU Batoh, Kota Banda Aceh pada Selasa (24/5/2022). 

Kebakaran ini diduga akibat salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke tangki mobil Isuzu Panther. 

Sebelumnya, satu unit mobil merek Isuzu Panther bernomor polisi BB 1904 BB terbakar di SPBU Batoh, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh pada Selasa, 24 Mei 2022 diduga akibat kesalahan pengisian jenis BBM.

Berdasarkan hasil penyelidikan Polresta Banda Aceh diketahui kebakaran berawal saat korban tiba di SPBU Batoh. Dia mengisi BBM jenis solar di pompa nomor tiga dan dilayani oleh petugas bernama Syawaluddin.

Kemudian, korban memberhentikan mobilnya di pompa nomor tiga, dan meminta kepada petugas SPBU untuk mengisikan BBM jenis solar Rp170.000 dengan mesin ini masih menyala.

"Namun, Syawaluddin selaku petugas SPBU itu salah mengambil alat pompa, dimana alat pompa tersebut merupakan alat pompa untuk BBM jenis pertalite," kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol M Ryan Citra Yudha pada Kamis (26/5/2022).

Petugas lainnya menyadari jenis BBM yang diisi bukan jenis solar segera memberitahukan kepada Syawaluddin.

Selanjutnya, petugas meminta pemilik mobil mematikan mesin mobil dan bersama dengan petugas mendorong mobil ke tempat lebih jauh dari pompa mesin SPBU.

Beberapa saat kemudian, Syawaluddin mengambil ember untuk diberikan kepada pemilik mobil sebagai penampung minyak pertalite yang bakal dikeluarkan kembali.

"Tanpa sepengetahuan petugas, kemudian pemilik mobil menyalakan mesin mobil, dan tidak lama kemudian tiba-tiba terjadi ledakan yang menimbulkan kebakaran mobil tersebut," tuturnya. (ant/moc)