Petugas Terminal Pulo Gebang Temukan Puluhan Bus AKAP Tidak Layak Jalan

Ilustrasi: Bus antarkota antarprovinsi (AKAP)
Ilustrasi: Bus antarkota antarprovinsi (AKAP)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menjelang arus mudik Lebaran 2022, petugas menemukan puluhan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, tidak layak jalan.

Kepala Terminal Pulo Gebang Bernad Pasaribu mengatakan, berdasarkan inspeksi keselamatan (ramp check) rutin yang dilakukan pihaknya ditemukan puluhan bus dari berbagai perusahaan otobus (PO) tidak layak jalan.

"Pada 'ramp check' Senin (11/4) dari 10 bus yang diperiksa ditemukan dua bus tidak layak jalan, sementara pada 'ramp check' Selasa (12/4) dari 11 bus diperiksa ditemukan tujuh tidak layak jalan," katanya di Jakarta, hari ini (15/4/2022).

Selain itu, ia juga menambahkan, "ramp check" pada Rabu (13/4/2022)  ditemukan bahwa dari 13 bus yang diperiksa hasilnya 10 bus tidak layak jalan. 

"Penyebab tidak layak jalan tersebut bermacam-macam," katanya.

Ia mengatakan, sejak "ramp check" 1 April 2022 hingga 13 April 2022 dilaksanakan, ditemukan 53 bus layak jalan dan 45 bus tidak layak jalan.

Beberapa pelanggaran yang menyatakan bus AKAP tidak layak jalan yakni, karena menggunakan ban vulkanisir, kaca pecah dan pintu darurat terhalang kursi. Selain itu, ban belakang sobek dan sabuk pengaman tidak berfungsi.

Kemudian, rangka pintu keropos, kaca depan ditambal, tidak adanya alat pemadam kebakaran, ban gundul, tidak ada palu pemecah kaca, lampu hazard mati hingga ban cadangan hancur.

"Kalau kerusakan mayor (banyak) tetapi tetap tidak diperbaiki kita akan tilang dan tidak izinkan beroperasi. Baru bisa beroperasi setelah pihak PO memperbaiki armadanya," kata Bernad.

Ia juga menuturkan, pemeriksaan tersebut akan terus dilakukan setiap hari untuk memastikan keselamatan penumpang pada arus mudik tahun ini.(ant/ap)