Work From Home Lebih Efisien, dengan 7 Alat Ini

Work From Home Lebih Efisien, dengan 7 Alat Ini
Work From Home Lebih Efisien, dengan 7 Alat Ini

Gemapos.ID (Jakarta)Semenjak pandemi dan lebih banyak WFH (Work From Home) hampir semua lini pekerjaan dapat dikerjakan dari rumah. Sama dengan bekerja di kantor, bekerja dari rumah juga membutuhkan peralatan yang mendukung kinerja. Peralatan untuk kerja di rumah tentunya akan membuat pekerjaan menjadi lancar. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa peralatan yang dapat mendukung produktivitas Anda.

Simak Tips Berikut, Kerja di Rumah Lebih Efisien, 7 Peralatan Ini Wajib Ada

Pada dasarnya bekerja dari rumah bukanlah suatu alasan pekerjaan menjadi tidak lancar. Asalkan didukung dengan peralatan kerja yang memadai, kerja dari rumah bukanlah suatu masalah. Jika peralatan untuk kerja di rumah lengkap pasti pekerjaan akan mudah terselesaikan dan lebih efisien. Nah, berikut ini 7 peralatan yang wajib ada untuk bekerja dari rumah.

1. Meja

Meja menjadi komponen utama untuk bekerja. Meskipun di rumah, kerja harus nyaman dan kondusif. Salah satu kenyamanan dalam bekerja dari rumah yakni adanya meja kantor yang nyaman digunakan.

Lalu, meja seperti apa yang sebaiknya digunakan? Meja kerja harus memiliki luas yang cukup untuk laptop dan seperangkat alat tulis.

Selain itu juga memiliki ukuran tinggi yang pas dengan postur tubuh Anda. Pasalnya, meja yang tidak sesuai postur tubuh akan berpengaruh terhadap kesehatan. Terlebih jika Anda bekerja dalam waktu yang lama.

2. Kursi

Layaknya meja, kursi juga menjadi peralatan untuk kerja di rumah. Hal ini karena Anda akan berjam-jam berada di kursi untuk melakukan pekerjaan. Oleh karena itu pilihlah kursi yang nyaman saat digunakan.

Anda dapat memilih jenis kursi kantor yang memiliki bantalan yang empuk. Pilih kursi kerja ergonomis yang memiliki sandaran yang menopang tulang belakang.

Selain itu, Anda juga dapat memilih kursi kantor yang dapat berputar sehingga Anda dapat leluasa menggerakkan tubuh. Jangan sampai kursi untuk bekerja di rumah tidak nyaman karena bisa saja mengganggu Anda dalam bekerja.

3. Wifi atau Kuota Internet

Bekerja dari rumah selalu identik dengan penggunaan internet. Maka dari itu sebuah keharusan memiliki koneksi internet yang memadai untuk bekerja dari rumah. Anda dapat menggunakan wifi ataupun menggunakan kuota internet. 

Pilihlah jaringan internet yang memiliki koneksi yang baik sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi masalah pekerjaan. Pasalnya di era saat ini semua urusan pekerjaan maupun bisnis mengandalkan jaringan internet. Maka dari itu, siapkan wifi atau kuota internet untuk bekerja dari rumah.

4. Laptop

Laptop merupakan contoh peralatan dan perlengkapan kantor yang wajib ada saat bekerja dari rumah. Pastikan laptop Anda berfungsi dengan baik sehingga tidak akan menghambat pekerjaan Anda. Pilihlah kapasitas penyimpanan laptop yang besar sehingga Anda dapat menaruh beberapa aplikasi yang digunakan untuk bekerja.

Biasanya pihak kantor yang akan memberikan fasilitas ini. Peran laptop memang sangatlah vital, terutama untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjalankan relasi dengan rekan kerja. Oleh karena itu, pastikan laptop Anda dapat mendukung kerja yang efisien dari rumah.

5. Alat Tulis

Meskipun saat ini semua bisa dikerjakan dengan laptop maupun handphone, akan tetapi tidak ada salahnya memiliki alat tulis yang lengkap. Alat tulis termasuk dalam daftar atk yang harus Anda miliki.

Alat tulis akan membantu Anda membuat rencana, menulis draft hingga mencatat hal-hal penting saat meeting. Alat tulis yang harus Anda miliki di antaranya adalah; buku catatan, bolpoin, pensil, tipe x, hingga spidol.

Saat bekerja, siapkan beberapa alat tulis yang akan menunjang pekerjaan Anda. Sambil mengerjakan, Anda dapat mencatat hal-hal penting agar tidak terlupa. Meskipun terlihat sederhana, alat tulis akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih terstruktur.

6. Headset

Saat Anda bekerja dari rumah saja, sesekali akan sering melakukan panggilan video bersama rekan kerja. Mulai dari aktivitas meeting online, upgrading, atau sekadar berbincang dengan rekan.

Agar obrolan dapat berjalan baik dan lancar, Anda harus memiliki headset yang akan menunjang obrolan saat meeting. Dengan menggunakan headset obrolan akan lebih jelas dan dapat didengarkan dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus memiliki headset untuk bekerja dari rumah.

Headset dapat dikatakan sebagai peralatan kantor unik karena masih sedikit orang yang menyadari kegunaan headset. Selain untuk meeting, headset dapat digunakan untuk mendengarkan musik sembari bekerja. Demi kesehatan pendengaran, pilih headset dengan kualitas audio yang terbaik.

7. Handphone

Selain beberapa peralatan di atas, handphone juga masuk dalam komponen penting yang wajib Anda miliki saat bekerja dari rumah. Pasalnya semua pekerjaan akan disampaikan dengan menggunakan handphone. Bahkan, beberapa file pekerjaan juga dikirim dan disimpan di dalam handphone.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih handphone yang tahan banting. Artinya, memiliki ruang penyimpanan yang besar, tidak mudah eror, memiliki kamera dan audio yang jelas. Sehingga, pekerjaan dari rumah akan berjalan dengan efektif dan efisien. Nah, salah satu handphone yang dapat Anda andalkan yakni iphone se 3.

Jika Anda ingin membelinya, sebaiknya cek terlebih dahulu harga iPhone SE 3 di marketplace terpercaya. Anda dapat melakukan cek harga iPhone SE 3 di Blibli. Blibli merupakan salah satu marketplace terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan Anda termasuk peralatan untuk kerja di rumah. Dapatkan harga dan penawaran yang menarik di Blibli.com. Jika Anda sudah siap budget, langsung saja pilih iPhone yang paling sesuai dan mendukung pekerjaan Anda.