Gedung Mako Jadi Wujud Komitmen TNI AL Siapkan Sarpras Pangkalan

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan peresmian secara langsung Gedung Mako, kemarin (8/3/2022)
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan peresmian secara langsung Gedung Mako, kemarin (8/3/2022)

Gemapos.ID (Jakarta) - TNI Angkatan Laut (TNI AL) membangun penambahan fasilitas berupa Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lampung Caligi yang berlokasi di Jalan Raya Teluk Ratai, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran.

Dibangunnya fasilitas tersebut sebagai wujud komitmen TNI AL untuk menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras) pangkalan, selain mengemban tugas-tugas yang telah ditetapkan, juga sekaligus menjadi representasi dan etalase TNI AL di daerah. 

Gedung Mako tersebut diresmikan secara langsung oleh  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, kemarin (8/3/2022).

Kasal mengatakan fasilitas ini merupakan aset yang dibangun dengan uang rakyat sehingga menjadi tanggung jawab para prajurit untuk menjaga, merawat dan mengelola agar tujuan pembangunan gedung Mako Lanal ini dapat terwujud sesuai yang diharapkan.

Adapun, tampilan pangkalan yang salah satunya dalam wujud tampilan gedung perkantoran harus mencerminkan kebanggaan, kewibawaan, kehormatan dan profesionalisme TNI AL secara umum.

Ia juga mengatakan, yang lebih penting, manfaatnya harus kembali dan dirasakan oleh rakyat melalui dharma bakti nyata Lanal Lampung kepada masyarakat sekitar.

“Dimanapun berada, kita harus bermanfaat sebesar-besarnya bagi rakyat sekitarnya,” tegas Kasal.

Seentara itu, gedung Mako Lanal Lampung Caligi berlantai du aini berdiri dilahan seluas 192 hektar dengan luas bangunan 990 meter. Pembangunannya dikerjakan oleh PT. Wiratama Inti Nusantara selama lebih kurang 6 bulan.

Sebelumnya, Gedung ini telah diserah terimakan dari Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut (Kadisfaslanal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Agus Santoso, kepada Danlanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi pada hari Rabu (22/12/2021)  lalu.

Sebelum meninggalkan mako Lanal Lampung, Kasal berkesempatan melaksanakan tatap muka dengan seluruh personel Lanal. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh keakraban dan canda tawa. Kasal dikenal sebagai pemimpin yg sangat begitu dekat dengan para prajuritnya. 

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Kasal berpesan agar personel Lanal terus mengembangkan diri. Kasal juga berjanji untuk terus melengkapi sarana prasarana penunjang di Lanal Lampung.

Sementara itu, rangkaian kunjungan Kerja (Kunker) Kasal di Lampung masih berlanjut dengan mengunjungi Brigade Infanteri 4 Marinir Berdiri Sendiri (Brigif Mar/BS) yang di Komandani Kolonel Mar Hary Indarto, dengan kegiatan peninjauan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Organisasi para istri anggota TNI Angkatan Laut(Jalasenastri), 

Selanjutnya, menyaksikan atraksi ketangkasan Prajurit Brigif 4 Mar/BS, peninjauan rumah dinas Brigif 4 Mar/BS serta melaksanakan penanaman padi di Batalyon Infranteri (Yonif) 9 Marinir yang nanti akan diakhiri dengan delivery Kapal AT 6 KRI Teluk Palu 523 yang akan dilaksanakan Rabu (9/3/2022).(nfp/ra)