KRI Banjarmasin-592 Layani Open Ship Saat Singgahi Pelabuhan Lourentius Say Maumere

Personil Lanal Maumere memberikan penghormatan atas kedatangan KRI Banjarmasin-592 di Pelabuhan Lourentius Say Maumere
Personil Lanal Maumere memberikan penghormatan atas kedatangan KRI Banjarmasin-592 di Pelabuhan Lourentius Say Maumere

Gemapos.ID (Jakarta) - KRI Banjarmasin-592 milik TNI Angkatan Laut ini singgah dan sandar di Pelabuhan Lourentius Say  Maumere, Selasa (7/2). Kemudian, KRI Banjarmasin-592 memberikan kesempatan Open Ship bagi masyarakat dan pelajar di Kabupaten Sikka.

Open Ship artinya masyarakat dan pelajar dapat menaiki KRI Banjarmasin-592 guna memberikan nilai tambah dalam edukasi serta memahami kecanggihan produk anak bangsa.

Selain melaksanakan operasi, kedatangan KRI BJM 592 tersebut juga melakukan pengiriman material untuk Lanal Maumere guna mendukung operasional Lanal Maumere.

Menurut informasi yang di dapat media, TNI AL, Prajurit Lanal Maumere yang dipimpin oleh Palaksa Lanal Maumere, Letkol Laut (P) Mahpudin Arsyadi Sacha, A.Pi., mewakili Danlanal Maumere, memimpin jalannya tradisi merplug atau upacara kedatangan serta menyambut Kapal Perang RI/ KRI Banjarmasin-592, didermaga Lourentius Say Maumere.

Tradisi penyambutan kapal perang tersebut merupakan tugas dari Pangkalan TNI AL diseluruh Pangkalan sebagai pelayanan kepada KRI yang akan sandar, dengan mendukung segala keperluan Kapal, baik logistik, bahan bakar kapal, administrasi serta keperluan lainnya dalam mendukung operasi pada KRI. 

Sementara itu, yang tergabung dalam kekuatan besar yang handal sebagai ciri khas TNI AL diantaranya Armada kapal perang, pasukan Marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Diketahui, Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Ari Wibowo, SE., beserta Palaksa KRI BJM-592 Mayor Laut (P) Muhammad Avessina, menyandarkan kapalnya di dermaga 4 Pelabuhan L. Say Maumere dengan lancar dan aman yang kemudian menerima Palaksa Lanal Maumere beserta perwira staf untuk beramah tamah diatas kapal perang tersebut.(ri)