Produk Kaleng dari Lampung ini Berhasil Tembus ke 55 Negara

Ilustrasi proses pemanenan buah nanas di PT Great Giant Pineapple (GGP)
Ilustrasi proses pemanenan buah nanas di PT Great Giant Pineapple (GGP)

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Great Giant Pineapple (GGP) merupakan salah satu perusahaan pengalengan nanas terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1979.

Area pabrik PT Great Giant Pineapple yang berlokasi di Lampung Tengah ini memiliki kapasitas pengolahan sampai 750 ribu metrik ton per tahun dan terintegrasi langsung dengan perkebunan dan produksi kalengnya.

Lahan yang dimiliki seluas 32 ribu hektare, tetapi lahan yang digunakan sebesar 20 ribu ha. Dari 20 ribu ha itu, 13 ribu ha digunakan untuk tanaman nanas dan sisanya untuk tanaman lainnya, seperti pisang dan jambu biji kristal.

Jumlah nanas yang diproses dalam satu hari mencapai 2.000 – 2.500 ton. Sedangkan pengiriman untuk ekspor rata-rata sekitar 40 kontainer per hari.

GGP juga mengadopsi teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas di setiap proses, seperti precision agriculture (penggunaan drone, Internet of Things) dan e-grower (petani mitra).

Ini menarik, sebab perusahaan ini juga memiliki keterlacakan (traceability) yang baik karena seluruh proses (penanaman, harvesting, processing) dikelola secara terintegrasi.

GGP punya beberapa anak perusahaan, antara lain Great Giant Livestock (GGL), pengelola peternakan sapi yang makanannya berasal dari sisa-sisa kulit nanas.

Selain itu, ada juga Sewu Segar Nusantara, yang mendistribusikan buah segar dengan merek Sunpride, dan Sewu Segar Primatama yang memproduksi jus merek Rejuve.(gmt/ra)