Prediksi Pengamat Politik Tentang Parpol Baru Pemilu 2024

Jerry Massie2
Jerry Massie2
Gemapos.ID (Jakarta) - Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie, memprediksi kemunculan partai politik (parpol) baru seperti Partai Gelora, Partai Ummat ,dan Partai Masyumi akan membuat konstelasi politik 2024 semakin ketat. Hal ini didasari ketiganya akan menjadi parpol yang dipilih oleh pemilih Pemilu 2024. "Dari partai baru ini, maka tiga partai ini yang bakal laris manis," katanya di Jakarta pada Selasa (31/3/2021). Namun, Partai Gelora, Partai Ummat, dan Partai Masyumi hanya lulus verifikasi Kemenkumham dan KPU dengan mempersiapkan sejumlah hal seperti infrastruktur partai, political branding​​, dan political marketing. Langkah ini juga perlu dilakukan mereka agar lolos ke DPR.
"Mereka saya sebut grassroot party atau partai arus bawah yang belum dikenal. Goal setting, concept and vision (sasaran, konsep dsn visi) mereka harus jelas agar bisa diterima publik," ucapnya.
Selain itu sasaran, konsep, dan visi partai baru juga harus jelas agar bisa diterima publik. Kekuatan keuangan, massa, dan jaringan akan membuat partai baru ini bersinar dan berkibar. "Tinggal mau ke arah moderat, bipartisan, konservatif, atau liberal. Partai-partai baru perlu memilih arahnya kemana? Paling penting ideologi tetap Pancasila, NKRI dan UUD 1945," tuturnya.
Jerry memperkirakan dari lima parpol baru yakni Partai Ummat, Partai Gelora, Partai Masyumi, Partai Nusantara, dan Partai UKM Indonesia diprediksi Partai Ummat dan Gelora yang berpotensi lolos.
"Sang arsitek Partai Ummat Amien Rais dan Partai Gelora Anis Matta yang sudah banyak makan garam di kancah politik tanah air," katanya.
Parpol baru yang lolos diharapkan sebagai oposisi, sehingga kekuatan oposisi semakin tajam karena sampai sekarang hanya Partai Demokrat dan PKS.