KSAU Berkomitmen Perkuat Pertahanan Udara dengan Modernisasi Alutsista

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono di Gedung Serba Guna Suharno Harbani, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2024). (foto: gemapos/antara)
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono di Gedung Serba Guna Suharno Harbani, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono telah memastikan bahwa seluruh jajarannya harus berkomitmen memperkuat pertahanan udara. Hal itu dilakukan dengan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista) dan perlengkapan tempur yang ada.

Hal tersebut disampaikan Tonny dalam siaran pers resmi TNI AU kala dirinya tengah memberikan kata sambutan secara daring kepada seluruh jajarannya pada entry breefing di Jakarta, Rabu.

Kemudian dalam sambutannya, Tonny menyinggung pentingnya modernisasi alutsista untuk mempertahankan kedaulatan udara. Hal itu juga yang sempat diperintahkan Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto beberapa hari lalu.

Karenanya, pihaknya akan fokus membuat terobosan teknologi baru sekaligus melatih sumber daya manusia (SDM) agar dapat menggunakan teknologi tersebut dengan baik.

Selanjutnya, dengan kuatnya alutsista yang dimiliki TNI AU, dia yakin teritorial udara NKRI akan terjaga dengan baik. Tidak hanya soal memperkuat pertahanan, Tonny juga menyinggung perlunya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Karena itu ia juga meminta kepada jajarannya untuk bersikap humanis dan memberi bantuan kepada masyarakat.

Sementara itu, beberapa waktu lalu pun TNI AU memang sempat memberikan bantuan kepada masyarakat. Salah satunya yakni program bedah rumah yang dilakukan oleh jajaran Lanud Roesmin Nurjadin, Pekan Baru, Riau kepada warga bernama Suryadi yang tinggal di sekitar Lanud, Rabu (25/3).

Kemudian dengan upaya tersebut, Tonny berharap TNI AU di bawah kepemimpinan-nya bisa menjadi garda pelindung udara sekaligus pengayom masyarakat.(ap)