150 Ribu Orang dan 38 Ribu Kendaraan Menyeberang ke Lampung Lewat Merak-Ciwandan

Antrean pemudik pengguna roda dua yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni lewat pelabuhan Ciwandan, Minggu (7/4/2024). (foto:gemapos)
Antrean pemudik pengguna roda dua yang ingin menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni lewat pelabuhan Ciwandan, Minggu (7/4/2024). (foto:gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak 153.071 orang dan 38.204 kendaraan telah menyeberang dari Pelabuhan Merak dan Ciwandan menuju Bakauheni pada hari pertama Operasi Ketupat 2024, Senin (8/4).

“Dari Pelabuhan Merak, terdapat 42 kapal dengan 116 perjalanan yang mengangkut 111.584 orang dan 17.617 kendaraan,” kata Kombes Pol. Iroth Lauren Recky, Juru Bicara Polri, dalam keterangannya di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta.

Sementara itu, dari Pelabuhan Ciwandan, terdapat 8 kapal dengan 14 perjalanan yang mengangkut 41.487 orang dan 20.587 kendaraan.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan evaluasi pelaksanaan percepatan arus mudik bersama stakeholder terkait.

“Kapolri juga meminta pengaturan delaying system, dan penyiapan buffer zone secara optimal serta menjaga ketertibannya,” kata Iroth.

Masyarakat diimbau untuk tertib, antri, dan bersabar. ASDP, Polri, dan stakeholder terkait akan terus memberikan pelayanan pada para pemudik sehingga mudik tahun ini nyaman, aman, dan penuh makna.

Polri siap melayani dan mengamankan seluruh pemudik sehingga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dapat terwujud. Selain itu, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran 2024 diimbau untuk:

  • Memastikan kondisi fisik sehat
  • Memeriksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan
  • Memanfaatkan rest area seefektif mungkin untuk beristirahat
  • Pastikan saldo uang elektronik toll mencukupi. (rk/*)