Cara Cek Lokasi Terdekat Penukaran Uang Baru Untuk Lebaran, Resmi dari BI

Masyarakat memperlihatkan uang pecahan rupiah baru setelah melakukan penukaran di Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Bank Indonesia (BI) di Parkir TImur, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (9/4/2023). (foto: gemapos/antara)
Masyarakat memperlihatkan uang pecahan rupiah baru setelah melakukan penukaran di Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Bank Indonesia (BI) di Parkir TImur, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (9/4/2023). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Uang baru menjadi salah satu hal yang kerap dicari masyarakat menjelang lebaran. Uang baru dianggap lebih bagus digunakan untuk THR, terutama anak-anak. Berikut adalah daftar lokasi penukaran uang baru untuk lebaran 2024. Anda bisa mengecek lokasinya di seluruh Indonesia.

Pada tahun ini, sebanyak 4.713 tempat disediakan untuk menukar uang selama Ramadan dan Lebaran. Ada banyak bank yang siap melayani masyarakat yang hendak menukar uang baru.

Adapun bank-bank yang dimaksud antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, BSI, Bank DKI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Muamalat, OCBC NISP, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Danamon, BJB, dan Bank Permata.

Kemudian, jika Anda ingin menukar uang baru secara offline, Anda hanya perlu mengecek titik penukaran uang baru yang disediakan BI. Cek lokasi penukaran uang baru untuk lebaran 2024 di link berkut: https://pintar.bi.go.id/.

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Anda perlu melalukan pemesanan sebelum menukar uang lama dengan uang baru di kas keliling yang sudah disediakan Bank Indonesia.

Berikut adalah cara melakukan pemesanan penukaran uang baru:

  1. Kunjungi laman https://pintar.bi.go.id/.
  2. Pilih menu Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling.
  3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru yang diinginkan.
  4. Klik tombol Lihat lokasi.
  5. Nantinya akan muncul daftar lokasi tempat Anda bisa menukarkan uang baru.
  6. Pilih lokasi dan waktu diinginkan
  7. Isi data diri berupa NIK, nama, nomor telepon, dan alamat e-mail
  8. Klik lanjutan
  9. Isi jumlah lembar uang baru yang akan ditukarkan sesuai kebutuhan, maksimal Rp 4 juta. Ada 6 pecahan uang baru yang disiapkan yaitu Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, dan Rp 50 ribu.
  10. Ikuti petunjuk sampai laman menampilkan bukti pemesanan.
  11. Datang ke lokasi pada tanggal dan jam yang sudah dipilih.
  12. Tukarkan uang Anda.

Itulah daftar cara melakukan pemesanan penukaran uang baru.(pa)