Kemenkeu Terima Kunjungan S&P Global Rating Jelang Reviu Tahunan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan dari lembaga rating dunia, yaitu Standard & Poor’s (S&P) Global Ratings pada Selasa (26/3/2024). (gemapos/kemenkeu)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan dari lembaga rating dunia, yaitu Standard & Poor’s (S&P) Global Ratings pada Selasa (26/3/2024). (gemapos/kemenkeu)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan dari lembaga rating dunia, yaitu Standard & Poor’s (S&P) Global Ratings pada Selasa (26/3/2024). Delegasi dipimpin oleh Managing Director Global Head of Sovereign Ratings Roberto Sifon-Arevalo, Regional Head of APAC Sovereign Ratings Kim Eng Tan, dan Director of Sovereign and International Public Finance Ratings Andrew Wood. Delegasi tersebut akan melakukan reviu tahunannya pada tanggal 25-27 Maret 2024.

Sri Mulyani mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pada Juni 2023 lalu, dimana rating dan outlook Indonesia berupa BBB/Stable dikeluarkan pada Juli 2023.

”Kami mengupas kinerja perekonomian Indonesia tahun 2023 di tengah turbulensi perekonomian global hingga capaian perekonomian Indonesia 2024 sejauh ini,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani pada unggahan akun instagram resmi miliknya, Selasa (26/03/2024).

Dalam kunjungan tersebut, Sri Mulyani dalam unggahannya menyebut S&P menyampaikan kekagumannya atas capaian perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dikatakan Menkeu, adalah ketika negara-negara lain mengalami penurunan rating dan performanya akibat pandemi dan ketidakpastian global, di saat bersamaan Indonesia masih relatif stabil bahkan terus bertumbuh secara konsisten.

”Bagi saya, penilaian dari lembaga-lembaga rating internasional seperti S&P ini sangatlah baik karena secara konsisten dapat menjadi pengingat bagi pemerintah agar terus membawa dampak-dampak yang baik,” tukasnya. (ns)