Harta Berkurang 3 T, Sandiaga: Nasib Lewati Tahun Politik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno. (gemapos/kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno. (gemapos/kemenparekraf)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno sempat berkelakar soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk tahun 2023. Sebagaimana diketahui, berdasarkan LHKPN, jumlah harta Menparekraf itu, di tahun 2023 turun Rp 3 triliun dibanding tahun 2022.

Sandiaga dalam unggahan instagramnya, berkelakar dan menyebut hal tersebut sebagai nasib melewati tahun politik.

"Nasib melewati tahun politik. Laporan LHKPN turun 3T, berat badan juga turun 3 kg," tulis Sandiaga dengan emotikon tertawa, Jumat (8/3/2024).

Dia berpesan agar semua yang terjun ke dunia politik fokus pada pengabdian. Dia mengatakan menjadi pejabat bukan untuk meningkatkan harta.

"Pesan saya untuk siapapun yang ingin terjun ke kancah politik atau pejabat publik, bersiaplah untuk mengabdi kepada masyarakat, bukan fokus pada peningkatan kepemilikan atau harta kita," ujar Politikus PPP ini.

Sebelumnya, dilihat dari situs e-LHKPN KPK, Jumat (8/3), Sandiaga tercatat sudah melapor LHKPN dan sedang dalam proses verifikasi.

"Total harta kekayaan Rp 7.977.146.639.632 (Rp 7,9 triliun)," demikian tertulis dalam situs tersebut.

Jumlah harta dalam LHKPN Sandiaga dapat berubah karena masih dalam proses verifikasi. Harta yang dilaporkan ialah total harta selama tahun 2023.

Berdasarkan data sementara, Sandiaga menjadi pejabat dengan LHKPN 2023 tertinggi. Posisi kedua ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan harta Rp 2 triliun dan pada posisi ketiga ada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan harta Rp 1,1 triliun.

Proses pelaporan LHKPN ke KPK masih dibuka hingga 31 Maret 2024. Jumlah LHKPN setiap pejabat dapat berubah seiring proses verifikasi yang dilakukan oleh KPK.

Sebagai informasi, jumlah LHKPN tahun 2023 Sandiaga yang dilaporkan itu menurun jika dibandingkan dengan hartanya dalam LHKPN tahun 2022. Dalam LHKPN tahun 2022, Sandiaga tercatat memiliki harta Rp 10,9 triliun. (ns)