Usai Viral, Komeng Raih Suara Tertinggi DPD Versi Real Count KPU

Tangkapan layar - Situs resmi hasil hitung suara pemilu sementara DPD Jabar 2024. (gemapos/pemilu2024.kpu.go.id)
Tangkapan layar - Situs resmi hasil hitung suara pemilu sementara DPD Jabar 2024. (gemapos/pemilu2024.kpu.go.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelawak Alfiansyah Komeng alias Komeng memperoleh raihan suara tertinggi sementara dalam pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Jawa Barat berdasar hasil hitung nyata atau real count KPU RI.

Berdasar pantauan Gemapos, pada laman pemilu2024.kpu.go.id/ per Kamis (15/2) pukul 12.00 WIB, Komeng telah mengantongi 8,51 persen atau 219.068 suara. Berdasarkan hasil tersebut, Komeng meraih suara tertinggi dari 53 calon lainnya versi data sementara real count di situs resmi KPU.

Data yang masuk ke KPU melalui laporan KPPS di TPS sejauh ini mencapai 48.110 dari 140.457 TPS di Jabar. Secara persentase berarti sudah 34.25 persen suara TPS yang terinput.

Adapun Komeng maju sebagai caleg DPD RI dapil Jawa Barat di Pemilu 2024 dengan nomor urut 10 dan maju secara independen.

Pada hari pencoblosan, Rabu (14/2), Komeng pun viral menyusul ramai unggahan banyak warga Jawa Barat yang menunjukkan foto komedian itu di surat suara.

Mereka menyoroti foto Komeng yang berbeda dari mayoritas calon DPD. Kebanyakan dari mereka memamerkan senyumnya dengan tatapan mengarah ke kamera. Ada pula yang tampak serius dalam balutan pakaian formal.

Sementara itu, Komeng berpose melongok dengan ekspresi kocak. Melihat fotonya viral di media sosial, Komeng pun buka suara. Ia berterima kasih kepada warga yang mencoblos wajahnya hari ini.

"Terima kasih buat semuanya yang sudah nyoblos saya hari ini. Lumayan ini awak jadi barolong. Mari kita buat sistem pemerintahan menjadi lebih lawak," cuit Komeng. (ns)