5 Rekomendasi Wisata di Kawasan Glodok untuk Mengisi Libur Imlek

Kawasan Glodok (foto: gemapos/kompas.com)
Kawasan Glodok (foto: gemapos/kompas.com)

Gemapos.ID (Jakarta)- Cuti Tahun baru Imlek 2024 yang jatuh pada hari Sabtu (10/2) ini dapat kamu isi dengan kegiatan berwisata mengunjungi lokasi kuliner atau pasar lama seperti kawasan Glodok. Berikut rekomendasi tempat seru di kawasan Glodok yang dapat Anda coba kunjungi bersama teman atau keluarga saat libur Imlek yang dikuti dari Antara pada Sabtu pagi.

1. Wisata kuliner di Petak Enam

Kawasan Petak Enam menjadi salah satu destinasi kuliner favorit masyarakat saat berkunjung ke Glodok. Terletak di dekat Pasar Glodok, pengunjung dapat dengan mudah menemukannya karena lokasi Petak Enam tidak terlalu jauh dari jalan besar.

Di sini, pengunjung dapat memilih berbagai makanan dan minuman, mulai dari makanan khas Tionghoa hingga modern. Harganya pun bervariasi, tergantung dari toko dan jenis makanan atau minuman yang dipesan.

Namun, sebaiknya jika ingin makan segera cari tempat duduk untuk menikmati makanan-makanan tersebut karena keterbatasan meja dan kursi di dalam. Dalam kondisi ramai, kemungkinan pengunjung harus menikmati kuliner mereka di luar area Petak Enam karena sulitnya menemukan meja dan kursi kosong.

2. Belanja aksesori menarik di kawasan Glodok

Kawasan Glodok menjadi salah satu surga kuliner dan aksesori khas Imlek maupun perlengkapan sembahyang umat Konghucu dan Buddha. Oleh sebab itu, tidak lengkap rasanya jika tidak berburu aksesori atau dekorasi Imlek menarik di sana.

Di sepanjang kawasan Glodok, pengunjung dapat memilih kios atau tenda penjual yang menjajakan berbagai pernik khas Imlek. Mulai dari cheongsam (baju tradisional masyarakat Tionghoa), perlengkapan sembahyang, hingga dekorasi Imlek dapat dibeli dengan harga relatif miring di sini.

Selain harganya yang relatif murah (mulai dari belasan ribu hingga jutaan Rupiah), pilihan perlengkapan Imlek yang dicarinya pun beragam.

3. Bersantai sejenak di Djauw Coffee

Saat sudah lelah mengitari kawasan Glodok untuk berbelanja, pengunjung dapat berhenti sejenak di Djauw Coffee. Djauw Coffee merupakan kafe kopi dengan gaya retro yang terletak tidak jauh dari Pasar Glodok.

Di sini, pengunjung dapat menikmati ragam pilihan kopi, minuman non kopi, dan camilan yang cukup lezat. Mulai dari kopi hitam, donat kentang, teh leci, dan pilihan menu lainnya.

Harga menu di Djauw Coffe beragam, mulai dari Rp12 ribu untuk kue lupis sampai Rp30 ribu untuk menu-menu lainnya.

4. Mengasah kreativitas di Petak Enam

Tidak hanya menyajikan ragam kuliner menggugah selera, di sini pengunjung juga dapat mencoba aktivitas melukis gambar di lantai dua Petak Enam. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp60 ribu dan sudah termasuk cat serta kuas untuk melukis.

Gambar-gambar tersebut dapat dipilih sesuai selera karena tersedia dalam berbagai motif, mulai dari kartun Doraemon hingga karakter menggemaskan lainnya.

Menurut penjaga aktivitas melukis di sana, pengunjung dapat bebas memilih warna cat dan durasi melukis sesuai keinginan. Nantinya, hasil lukisan mereka dapat dibawa pulang setelah dikeringkan.

5. Menikmati suasana Pecinan lama di sekitar kawasan Glodok

Jika malas berbelanja, pengunjung dapat menikmati keramaian Pecinan lama di sekitar kawasan Glodok. Suasana lawas dan ramai di sana terasa menarik untuk dicoba.

Dengan menyusuri lorong kawasan Glodok atau sekadar melihat-lihat bangunan tua di sana, niscaya pengunjung tetap dapat merasakan keseruan kawasan Glodok.

Saat berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa untuk memakai topi, kaca mata hitam, payung, atau alat pelindung lainnya agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Kawasan Glodok terhitung cukup panas, sehingga perlindungan diri dari sinar matahari wajib dilakukan.(ra)