Geruduk Gedung DPR, Ini Tuntutan Apdesi

Tangkap layar - Demo Apdesi di depan gedung DPR RI, Rabu (31/1/2024). (gemapos)
Tangkap layar - Demo Apdesi di depan gedung DPR RI, Rabu (31/1/2024). (gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sejumlah perangkat Desa dari berbagai wilayah di Indonesia menggelar aksi demontrasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Mereka yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)  melakukan orasi dan membentangkan spanduk berisikan tuntutan-tuntutan di sepandang aksi.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan aksi pelemparan botol hingga benda-benda keras lainnya ke arah gedung DPR/MPR RI dari luar pagar pembatas. Massa juga melakukan aksi bakar sepanduk.

Orator meneriakkan tuntuntan yang diikuti oleh massa aksi untuk segera mengesahkan Revisi UU Desa.

"Sahkan Revisi UU Desa Seblum Pemilu," teriak orator diikuti massa aksi.

Sementara itu, akibat aksi yang dilakukan oleh Apdesi, arus lalu lintas Jalan Gatot Subroto, tepatnya di depan gedung DPR RI, saat demo ditutup sementara, begitu pula dengan exit Tol Senayan.

"Dalam pengamanan ini kami melibatkan sejumlah 2.304 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro dalam keterangannya, Rabu (31/1).

Ribuan personel itu akan ditempatkan di sekitar lokasi unjuk rasa. Polisi mengantisipasi adanya tindakan anarkisme selama unjuk rasa berlangsung.

"Kami juga mengantisipasi jangan sampai nanti massa masuk dan menutup jalan tol yang berada di depan gedung DPR. Pemadam Kebakaran sudah kami siapkan untuk mengantisipasi bila nanti massa melakukan aksi bakar ban," ujarnya. (rk)