Lantik Enam Anggota Bawaslu, Bagja : Tugas Bapak Ibu Sudah Di Depan Mata

Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028 serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri  secara (daring)di Kantor Bawaslu, Jakarta Sabtu (13/1/2024). (gemapos/Bawaslu)
Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028 serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri secara (daring)di Kantor Bawaslu, Jakarta Sabtu (13/1/2024). (gemapos/Bawaslu)

Gemapos.ID (Jakarta)- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rahmat Bagja melantik dan mengambil sumpah atau janji anggota dan penggantian antar-waktu (PAW) Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028 serta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Luar Negeri (LN) di Kantor Bawaslu, Jakarta secara dalam jaringan (daring), Sabtu (13/1/2024). 

"Kami ucapkan selamat dan langsung bekerja hari ini. Kami ingatkan Bapak/Ibu, tinggal 31 hari lagi menuju 14 Februari 2024. Jadi, tugas bapak ibu sudah di depan mata," ujar Bagja.

Diketahui bahwa para anggota terlantik diminta untuk segera bekerja dalam mengawasi tahapan, terutama terkait pengawasan logistik Pemilu 2024.

Selain itu, para anggota terlantik juga diminta fokus untuk mengawasi logistik Pemilu 2024. Bagja mengungkapkan sekarang ini surat suara sudah masuk di Kabupaten/Kota, termasuk juga di wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Pastikan jumlah dan bentuk surat suara itu sesuai dengan ketentuan PKPU. Pastikan tempat penyimpanan, proses sortir dan lipat itu bapak ibu lihat, awasi," lanjutnya 

"Jangan lupa mengisi laporan hasil pengawasan," pinta Bagja kembali.

Kemudia, ia juga meminta agar para terlantik berkoordinasi dengan seluruh ketua dan anggota Bawaslu baik di tingkat Kabupaten/kota maupun provinsi, serta dengan penyelenggara pemilu dan negara lainnya. "Tolong jaga kesehatan dan juga stamina bapak ibu semua dalam melakukan pengawasan," harap dia.

Adapun daftar nama terlantik anggota dan Pengganti Antar-Waktu (PAW) Bawaslu Kabupaten/Kota 2023-2028 serta Panwaslu Luar Negeri (LN) sebagai berikut : 

1. Romi Sitompul- Kabupaten Tapanuli Utara

2. Alberthina Jumame- Kabupaten Manokwari

3. Anthomina Ayamiseba- Kabupaten Pegunungan Arfak

4. Muhammad Yasar- Kota Banjarmasin

5. Iman Santosa- Perwakilan Melbourne

6. Raden Ilyas Fatahilah- Perwakilan Kota Kinabalu(kt)