Ratusan Personel Polda NTT Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Para pengungsi erupsi Gunung Lewotobi laki – laki di Kabupaten Flores Timur, NTT.  (gemapos/Media Polri)
Para pengungsi erupsi Gunung Lewotobi laki – laki di Kabupaten Flores Timur, NTT. (gemapos/Media Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Polda NTT akan mengerahkan 300 hingga 400 personel guna membantu para korban bencana erupsi gunung Lewotobi laki – laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang saat ini tengah mengungsi.

”Untuk tahap awal mungkin sekitar 300 – 400 personel yang dikirim ke lokasi bencana untuk membantu para korban,” ujar Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, SH, MA, yang dikutip dari laman resmi Media Polri, Kamis (04/01/2024).

Dia mengatakan bahwa pengiriman para personel ke lokasi bencana dilakukan siang ini, Kamis ( 4/1/2024) jika ada jadwal kapal yang diberangkatkan dari pelabuhan Bolok menuju Larantuka, Flores Timur

Selain mengerahkan personel, Polda NTT juga mulai mengirimkan sejumlah peralatan yakni kendaraan dapur umum, kendaraan pengubah uap menjadi air, dan kendaraan penunjang lainnya ke lokasi bencana.

”Kami lagi cek jadwal kapalnya, jika memang ada maka hari ini akan segera diberangkatkan,” lanjutnya.

Diketahui bahwa pengiriman personel dan peralatan yang disiapkan tersebut akan di distribusikan ke lokasi terdekat guna mengantisipasi terjadinya aktivitas vulkanik yang lebih besar, mengingat saat ini statusnya level III/ siaga.

”Polda NTT bersama instansi terkait akan siap memberikan pertolongan dan bantuan kepada masyarakat jika kondisi bencana di lokasi masih terus terjadi dan lebih parah,” tandasnya. (kt)