Pertamina Patra Niaga Jamin Kesiapan Fasilitas dan Energi Jelang Nataru

Rapat kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral bersama seluruh instansi terkait memastikan keamanan dan kesiapan layanan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). (gemapos/pertamina)
Rapat kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral bersama seluruh instansi terkait memastikan keamanan dan kesiapan layanan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). (gemapos/pertamina)

Gemapos.ID (Jakarta) - Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra menyampaikan peran krusial Pertamina Patra Niaga terkait kesiapan fasilitas dan layanan energi jelang perayaan natal dan Tahun Baru. hal tersebut disampaikan dalam Rapat kordinasi (Rakor) Lintas Sektoral bersama seluruh instansi terkait memastikan keamanan dan kesiapan layanan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru yang dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Mars Ega Legowo Putra juga mengatakan Pertamina Patra Niaga berperan dan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan mengantisipasi hal-hal yang sifatnya tidak terduga dalam pergerakan masyarakat selama masa libur Natal dan Tahun Baru ini.

“Seperti yang kita tahu, kondisi cuaca menjadi salah satu perhatian utama. Selain itu, pergerakan masyarakat juga akan sangat besar serta terpecah dalam beberapa kegiatan baik melakukan perjalanan mudik, berwisata, merayakan Natal, dan merayakan tahun baru yang tersebar di beberapa titik,” ujar Mars Ega dalam keterangan tertulis, Selasa (12/12/2023).

Sebagai antisipasi pergerakan masyarakat ini, Pertamina Patra Niaga menyiagakan sejumlah fasilitas dan layanan untuk melayani masyarakat selama periode Nataru tahun ini. Layanan yang disiapkan antara lain adalah SPBU Siaga, Kiosk Pertamina Siaga, Agen dan Pangkalan LPG Siaga, layanan motoris, dan menyiagakan Pertamina Call Center (PCC) 135 sebagai lini terdepan layanan informasi masyarakat.

“Terlepas seluruh persiapan dan layanan tambahan, kami menghimbau kepada masyarakat, demi kelancaran sebaiknya melakukan pengisian BBM secara full tank sebelum berangkat mudik. Lalu sebelum meninggalkan rumah pastikan agar regulator LPG di kompor gas sudah terlepas, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan,” pungkas Ega.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengatakan, sejumlah kebijakan telah disiapkan, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur Nataru. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, diperkirakan terjadi lonjakan jumlah pemudik selama masa Nataru 2023 – 2024 ini sebesar 43% dibanding tahun lalu.

“Kami terus berkoordinasi secara intensif terkait kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan, dengan berbagai kementerian dan lembaga maupun stakeholder terkait. Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Nataru bisa terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujar Menhub.

Dalam Rakor Lintas Sektoral yang dipimpinnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memperkirakan akan banyak pergerakan kendaraan. Selain itu juga perlu mempersiapkan antisipasi pengamanan dalam masa pemilu dan dilakukan terhadap ancaman bencana alam, karenanya rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru harus diamankan.

“Sesuai prediksi dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan terkait dengan arus mudik dan arus balik. Kemudian kita juga dihadapkan dengan situasi di mana ada tahapan Pemilu dan juga akhir-akhir ini kita mulai menghadapi situasi hujan yang dalam satu bulan ini. Kita melihat ada beberapa wilayah yang terdampak, apakah banjir, longsor dan ini semua menjadi bahan untuk kita rapatkan sehingga terhadap masalah-masalah yang mungkin akan muncul ini semua bisa kita pecahkan bersama,” ungkap Jenderal Polisi Listyo Sigit, Kamis (7/12/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Asisten Operasi Panglima TNI Rachmad Jayadi, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono, Widyaiswara Ahli Utama BNPB Dody Ruswandi, serta perwakilan Kemenko PMK untuk bersama-sama mensukseskan pengamanan dan kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menambahkan, seluruh subholding dan anak usaha Pertamina siap berpartisipasi dalam Satgas Nataru. "Pertamina dari bisnis hulu hingga hilir memastikan keandalan operasional sehingga pasokan energi dapat terpenuhi, terutama pada periode Satgas Nataru. Tak hanya energi, anak usaha di bidang layanan pendukung seperti Pelita Air, Pertamina Bina Medika dan Patra Jasa juga akan melayani kebutuhan masyarakat selama berlibur," jelasnya. (ns)