Inilah Arimbi, Kapal Pengangkut Unggulan Milik Pertamina

Arimbi telah berlayar mengarungi laut nusantara untuk mengantarkan LPG dari kilang-kilang menuju terminal penyimpanan.
Arimbi telah berlayar mengarungi laut nusantara untuk mengantarkan LPG dari kilang-kilang menuju terminal penyimpanan.

Gemapos.ID (Jakarta) - Selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pasokan BBM dan LPG berjalan lancar, berkat jasa armada-armada unggul yang selalu mengarungi lautan nusantara untuk mengantarkan energi hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Salah satu armada yang berperan penting dalam transportasi dan rantai pasok energi di Indonesia adalah Kapal Arimbi. Arimbi merupakan kapal tanker pengangkut LPG milik PT Pertamina International Shipping (PIS).

Kapal Arimbi kini telah menginjak usia 11 tahun, sejak pertama kali di bangun pada 2011. Arimbi telah berlayar mengarungi laut nusantara untuk mengantarkan LPG dari kilang-kilang menuju terminal penyimpanan.

Kapal ini memiliki panjang 103 meter dan berat total sebesar 3.472 Metrik Ton (MT) serta kapasitas muatan kargo LPG sebanyak 2.500 MT.

Saat ini kapal Arimbi dinakhodai oleh Kapten Marthin Febrilyan Samarta, yang telah mengabdi sejak 2013. 

Direktur Operasional PT Pertamina International Shipping (PIS) Arief Kurnia Risdianto melakukan Management Walkthrough (MWT) ke kapal Arimbi yang tengah berada di Terminal LPG Tanjung Sekong, Banten, pada Kamis (30/12).

Dalam kunjungannya, Arief menjumpai 22 kru yang berada di atas kapal dan mengapresiasi mereka yang bertugas dengan menekankan untuk selalu mengutamakan faktor Health, Safety, and Environment (HSSE) atau faktor keamanan, kesehatan dan keselamatan (K3).

“Sangat penting untuk memegang teguh dan kepatuhan aspek HSSE Golden Rule, meliputi juga Patuh Intervensi Peduli (PIP) sehingga para perwira PIS diharapkan mampu mengetahu tentang risiko dan bahaya fraud,” kata dia.

Selain itu, Arif juga mengatakan para kru atau perwira pelaut PIS merupakan garda terdepan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Sehingga para perwira diharapkan bisa terus meningkatkan keahlian mereka secara berkesinambungan. (ri)