Mendag: Pemerintah Jamin Stok Bapok Aman Jelang Nataru

Menteri Perdagangan (Mendag)  Zulkifli Hasan. (Foto: gemapos/RMOL)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Foto: gemapos/RMOL)

Gemapos.ID (Jakarta) – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin stok barang kebutuhan pokok (bapok) aman tersedia dengan harga terjangkau. Menjaga stok dan stabilitas harga bapok merupakan prioritas utama pemerintah khususnya menjelng Natal dan Tahun Baru.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen akan terus memantau ke pasar di berbagai daerah agar perayaan Natal dan Tahun Baru bisa berlangsung dengan baik. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan ke Pasar Senen, Jakarta, pada Kamis, (30/11/2023)

"Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemendag terus turun ke lapangan, hari ini ke Pasar Senen Jakarta, sebelumnya ke Gresik dan Bogor. Jelang Natal dan Tahun Baru pemerintah menjamin ketersediaan barang  kebutuhan  pokok  dengan  harga  terjangkau  agar  Natal  dan  Tahun  Baru  bisa  berlangsung dengan baik,"tegas Mendag Zulkifli Hasandalam keterangan tertulis, Kamis (30/11/2023).

Dalam  kunjungan  tersebut, Mendag Zulkifli Hasan juga memantau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Berdasarkan pantauan di Pasar Senen dalam keterangan tertulis disebutkan harga beras medium tercatat Rp13.000/kg, beras  premium  Rp14.000/kg,  beras  Bulog  Rp10.900/kg, gula pasir  Rp17.000/kg, minyak goreng curah Rp13.500/liter, minyak goreng premium Rp19.000/liter, minyak goreng Minyakita Rp15.000/liter, tepung  terigu, Rp12.000/kg, daging sapi Rp150.000/kg, daging ayam ras Rp36.000/kg, telur ayam ras Rp26.000/kg, cabai merah keriting, Rp80.000/kg, cabai  merah  besar Rp80.000/kg, cabai rawit merah Rp110.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, dan bawang putihRp45.000/kg.

"Di Pasar Senen, telur harganya masih stabil di bawah harga acuan pemerintah. Harga daging ayam juga masih di bawah harga acuan pemerintah. Harga beras memang belum turun, tetapi ada pilihan masyarakat bisa membeli beras  Bulog SPHP. Harga daging sapi juga stabil, tidak ada penurunanharga,"jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Untuk harga cabai, Mendag Zulkifli Hasan mengakui harga di Jakarta mengalami kenaikan karena harus didatangkan dari daerah lain.

"Diharapkan kalau kenaikan terlalu tinggi, Pemerintah Daerah bisa bertindak dengan membantu biaya pengiriman dari daerah menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) sehingga harga bisa turun kembali,"tambah Mendag Zulkifli Hasan.

Turut  mendampingi  Mendag  Zulkifli  Hasan,  Plt  Sekretaris  Jenderal  Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.  (ns)