Selamat Hari Pohon Sedunia! Ini 12 Jenis Pohon Langka yang Ada di Indonesia

Ilustrasi- Panorama Hutan (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Panorama Hutan (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Hari Pohon Sedunia adalah saat yang tepat untuk merenung tentang keberagaman flora di seluruh dunia. Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, memiliki sejumlah pohon langka yang patut mendapatkan perhatian dan perlindungan khusus. Inilah beberapa pohon langka di Indonesia yang perlu kita lestarikan.

1. Damar Kucing atau Pelahlar Lengo

Pohon langka di Indonesia pertama bernama damar kucing atau Shorea javanica. Pohon satu ini tersebar di Jawa dan Sumatra dan mampu tumbuh hingga 50 m. Selain itu, Damar merupakan pohon penghasil resin yang bermanfaat untuk industri farmasi, cat, sampai kosmetik.

2. Resak Berbas atau Pelahlar Laki

Pohon resak berbas atau Vatica javanica ssp. javanica adalah jenis pohon yang tumbuh di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Pohon Resak berbas seringkali dipakai sebagai bahan untuk membangun rumah. Jika tumbuh dengan baik, pohon ini bisa mencapai ketinggian 27 m.

3. Resak Banten atau Kokoleceran

Pohon langka di Indonesia yang satu ini merupakan salah satu tanaman endemik di Provinsi Banten. Tak heran, jika pohon ini dijadikan maskot oleh provinsi tersebut. Pohon bernama latin Vatica bantamensis ini hanya tumbuh di Taman Nasional Ujung Kulon dan tingginya dapat mencapai 30 m. Adapun pohon ini kerap dipakai sebagai bahan baku pembuatan perahu dan konstruksi bangunan.

4. Lagan Bras

Lagan bras atau Dipterocarpus Cinereus konon pernah dianggap punah dan merupakan jenis pohon yang tumbuh hingga 50 m serta berdiameter 100 cm. Pohon langka ini dapat ditemukan di Sumatra Utara. Pohon lagan bras juga seringkali dipakai sebagai bahan baku kayu sebuah bangunan.

5. Pelahlar

Pohon pelahlar atau Dipterocarpus littoralis bisa dijumpai di daerah Nusakambangan bagian barat. Pohon ini mampu mencapai tinggi sampai 50 m, kayu dari pohon pelahlar dapat digunakan untuk pembuatan kapal dan jenis pertukangan kayu lain.

6. Saninten atau Berangan

Habitat dari saninten atau Castanopsis argentea adalah pohon yang tumbuh di Sumatra dan Jawa. Peran pohon saninten di hutan cukup krusial sebab ia merupakan penyedia pakan alami bagi satwa liar.

7. Durian Burung

Pohon berbuah ini miliki ukuran yang cukup besar, pohon durian burung ini persebarannya ada di Kalimantan dan Sumatra. Serupa dengan saninten, durian burung adalah salah satu penyedia pakan bagi ragam satwa, khususnya hewan burung.

8. Durian Daun

Durian daun atau Durio oxleyanus adalah jenis pohon langka di Indonesia berikutnya. Pohon ini hidup di daerah Sumatra dan Kalimantan. Kayu yang dihasilkan dari pohon ini berkualitas bagus, selain itu buahnya pun terkenal enak.

9. Tengkawang Pinang

Jenis pohon ini merupakan endemik pulau Kalimantan. Memiliki tinggi 60 m, buah dan minyak dari tengkawang sering dimanfaatkan untuk indsutri kosmetik. Masyarakat setempat memanfaatkan minyaknya sebagai minyak goreng.

10. Mersawa atau Ki Tenjo

Pohon ini sebenarnya tersebar di Asia Tenggara. Khusus di Indoneesia ia dapat ditemukan di Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.

11. Ulin

Pohon ulin atau Eusideroxylon zwageri dikenal sebagai pohon paling kuat di Asia Tenggara. Tak heran, jenis pohon ini sering dipakai untuk konstruksi bagunan. Persebaran pohon yang satu ini cukup luas, Ulin dapat dijumpai di derah Kalimantan dan Sumatra bagian selatan.

12. Kapur

Pohon kapur tersebar di daerah Sumatra, Kepulauan Riau, dan Kalimatan bagian barat. Pohon satu ini merupakan pohon penghasil kayu berkualtias tinggi. Di pasaran, pohon ini juga dikenal dengan nama kapur barus.

Hari Pohon Sedunia adalah panggilan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keberagaman hayati dan mengambil tindakan konkret. Konservasi pohon-pohon langka ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita sebagai individu. Peran kita dalam menjaga dan melindungi pohon langka ini melibatkan partisipasi dalam program penanaman pohon, mendukung kebijakan konservasi, dan turut serta dalam edukasi lingkungan.

Melalui upaya bersama, kita dapat memastikan bahwa pohon-pohon langka Indonesia tetap tumbuh subur dan melestarikan kekayaan alam yang menjadi ciri khas bangsa. Mari kita jadikan Hari Pohon Sedunia sebagai inspirasi untuk berkomitmen menjaga alam dan memberikan warisan berharga bagi generasi mendatang.