Mau Jaga Kesehatan Mental? Coba 5 Rekomendasi Minyak Esensial Berikut Ini

Ilustrasi- Esensial oil (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Esensial oil (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Minyak atsiri atau yang biasa dikenal sebagai minyak esensial merupakan minyak yang di ekstrak dari tanaman dan telah terbukti kaya akan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Manfaat tersebut sudah di uji secara ilmiah yang mampu membantu meningkatkan daya ingat, perhatian, mencegah peradangan, mencegah stress hingga mampu membuat efek yang menenangkan. 

Menurut penelitian, ada aromaterapi yang mampu memberikan efek menenangkan hingga manfaatnya lebih tinggi sebagai pereda stress. Kegunaan dan manfaatnya juga bisa dirasakan ketika dijadikan pewangi ruangan. 

Dikutip dari laman Verywell Mind, berikut dibawah ini beberapa rekomendasi minyak esensial yang cocok untuk dijadikan pewangi ruangan:

1. Aroma Peppermint 

Secara umum, aroma peppermint biasanya digunakan untuk obat kumur, permen karet, atau pasta gigi. 

Menurut penelitian, aroma yang memberikan rasa sedikit pedas dan menyegarkan ini dapat membantu tubuh menjadi lebih berenergi hingga mampu mengurangi kelelahan. 

2. Minyak Rosemary

Minyak rosemary mampu memberikan ketenangan dan mampu meningkatkan suasana hati. Rosemary juga diyakinkan dapat membantu menurunkan kadar kortisol dan hormon stress. 

Saat mencium aromanya, rosemary juga bisa menciptakan efek stimulasi, mendorong fungsi saraf pusat dan bisa meningkatkan kesadaran mental. 

3. Minyak Lavender

Aroma dari minyak lavender mampu memberikan efek yang menenangkan, membuat perasaan menjadi tenang, hingga memberikan efek relaksasi.

Dari aroma tersebut juga mampu membantu menurunkan tekanan darah dan menenangkan sistem saraf hingga mampu meningkatkan suasana hati. 

Para ahli juga sangat merekomendasikan minyak esensial yang berasal dari lavender untuk orang yang sedang mengalami stress, kecemasan, hingga depresi. 

4. Serai

Aromaterapi yang berasal dari serai mampu membantu meredakan mual akibat efek dari kandungan yang bisa menstimulasi dan menyegarkan.

5. Minyak Kemenyan

Minyak tersebut sering dikenal dengan aromanya yang berbau mistis. Tetapi, menurut penelitian, minyak tersebut mampu meredakan gangguan mental dan dapat membantu menenangkan pikiran, terutama jika sedang bersantai.(nd)