Pemkot Madiun Pasang PJU Di 1.729 Titik Di Jalan Kecil Atau Gang

Petugas tengah memasang Lampu PJU. (gemapos/ DPUPR Kota Madiun)
Petugas tengah memasang Lampu PJU. (gemapos/ DPUPR Kota Madiun)

Gemapos.ID (Jakarta)- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur melaksanakan program Lampunisasi dengan cara memasang penerangan jalan umum (PJU) di jalan kecil atau gang sebanyak 1.729 titik di wilayah setempat yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan warga. 

Kepala bidang Perencanaan Infrastruktur, Kewilayahan, Perekonomian dan SDA, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedalitbangda) Kota Madiun Mas Kahono Pekik di Madiun Selasa, (14/11) mengatakan bahwa PJU yang dipasang tersebut ditargetkan sudah menyala pada Desember tahun ini. 

“Per 9 November kemarin, progres pemasangannya sudah sekitar 77 persen secara keseluruhan,” ujar Pekik. 

Rincian progres pemasangan PJU yakni untuk wilayah Kecematan Taman progresnya mencapai 79 persen, Kecematan Manguharjo 72 persen, selajutnya wilayah kecamtan Kartoharjo sudah mencapai 80,21 persen. 

Diketahui bahwa seluruh sebaran titiknya yakni 1.729 titik,  sebanyak 366 titik di Wilayah Kecamatan Taman, Kecamatan manguharjo ada 395 titik, dan Kecamatan Kartoharjo ada sebanyak 968 titik. 

“Totalnya ada sebanyak 1.729 titik. Saat ini rata-rata pekerjaan sudah dalam tahap instalasi kelistrikan,” lanjutnya. 

Tidak lupa Pekik juga menjelaskan bahwa pemasangan lampu-lampu tersebut adalah lanjutan dari program pembangunan paving sepanjang 46 ribu meter persegi yang telah dilakukan pada tahun 2022.

Pemasangan lampu tersebut dilakukan di jalan ataupun gang yang telah dilakukan pembangunan paving. Anggaran yang disediakan oleh pemkot untuk program kali ini yakni mencapai Rp 12 miliar dari APBD Perubahan 2023.(kt)