Begini Progres Pembangunan Jalan Inpres di Bengkulu Utara, Pasca Kunjungan Presiden Jokowi

Tahapan pengerjaan pembangunan jalan Inpres di Kabupaten Bengkulu Tengah-utara (foto: gemapos/ antara)
Tahapan pengerjaan pembangunan jalan Inpres di Kabupaten Bengkulu Tengah-utara (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Pemerintah Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa pembangunan jalan di Kabupaten Bengkulu Utara yang menggunakan dana yang diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) hampir rampung.

Hal tersebut disampaikan olah  Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Bengkulu Tejo Suroso di Bengkulu, Sabtu (4/11).

"Pembangunan Jalan Inpres, 30 Desember kontrak habis jadi, pembangunan ditargetkan selesai sesuai kontrak, pada 30 Desember 2023," katanya.

Kemudian, Tejo mengatakan saat ini progres tahapan pengerjaan Jalan Inpres di Kabupaten Bengkulu Utara sudah sekitar 60 persen dan tinggal pengaspalan jalan.

"Untuk progres yang sudah sampai 60 persen, Inpres fisiknya kini tinggal pengaspalan, waktu sebulan selesai untuk aspal," kata Tejo.

Adapun pemerintah Provinsi Bengkulu menerima dana Inpres dari pemerintah pusat untuk pembangunan ruas jalan di Kabupaten Bengkulu Utara senilai Rp44 miliar.

Lalu, anggaran Rp44 miliar yang diterima tersebut digunakan untuk pembangunan ruas Jalan Girimulya-Tugu Polwan-Simpang Lais yang sempat dilewati Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkulu Utara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja selama tiga hari ke Provinsi Bengkulu, dari Rabu 19 Juli hingga Jumat 21 Juli 2023. Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu.

Kunjungan Presiden Joko Widodo tersebut dilakukan untuk memantau kondisi jalan daerah, sejumlah rumah sakit, sekolah dan pasar tradisional. Presiden juga meresmikan jalan tol di Provinsi Bengkulu.

Pada saat itu, Presiden Jokowi datang bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, dan didampingi Menteri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.(pu)