Takut Tertabrak Jadi Alasan Bersepeda Saat Hari Kerja
"Hampir semua kebijakan transportasi di Indonesia yang dilihat adalah kendaraan pribadi. Contohnya kalau satu ruas jalan macet, maka yang dipikirkan adalah bagaimana menambah ruas jalan, melebarkan jalan, dan membangun jalan layang...., secara tidak sadar kita sudah diajari untuk menikmati kemacetan, menikmati polusi udara, dan menikmati tingginya angka kecelakaan," kata Poetoet. Berdasarkan catatan komunitas pekerja bersepeda Bike to Work Indonesia, tahun ini, beberapa kota sudah mulai berbenah dengan mengupayakan pengguna sepeda dan angkutan massal, seperti daerah Probolinggo, Bandung, Madiun, hingga Palembang. "Syukur Alhamdulillah, tapi jumlahnya belum banyak. Jumlah kota-kota sudah naik dibanding tahun lalu yang mulai mengupayakan untuk pengguna sepeda dan angkutan massal," kata Poetoet. Diketahui, Kementerian Perhubungan RI kini sedang menggodok aturan untuk melindungi keselamatan pada pesepeda melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub). Dalam aturan itu, pesepeda malam hari harus dilengkapi lampu, helm, dan tanda yang harus diberikan apabila hendak berbelok atau lurus. Selain itu, pemerintah pusat juga akan mendorong agar pemerintah daerah membuat jalur khusus pesepeda. (ANT/AAN)