Menko Luhut Unggah Momen Dijenguk Jokowi, Begini Kondisinya

Momen Jokowi mengunjungi Menko marves Luhut Binsar Panjaitan di Singapura. (gemapos/fb@LuhutBinsarPanjaitan)
Momen Jokowi mengunjungi Menko marves Luhut Binsar Panjaitan di Singapura. (gemapos/fb@LuhutBinsarPanjaitan)

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Kordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunggah kondisi saat dijenguk Presiden RI Joko Widodo  di Singapura. Momen tersebut diunggah pada postingan akun Facebook Luhut yang sudah terverifikasi, Sabtu (4/11/2023),

Postingan tersebut sekaligus menggambarkan kondisi terkini dari Luhut. Dari foto yang diunggah akun Facebook tersebut tampak rambut Luhut lebih pendek dari biasanya. Rambutnya juga berwarna putih.

Luhut terlihat mengambil sikap hormat ketika bertemu Jokowi. Meski mengenakan masker, namun tampak jelas Jokowi tersenyum di hadapan Luhut.

“Terhitung sudah hampir satu bulan lebih saya berada di Singapura untuk menjalani proses “recovery” tubuh pasca sakit yang saya alami.” tulis Luhut diawal postingannya.

Luhut mengatakan awalnya ia dirawat di Indonesia. Namun, keluarga dan sahabat-sahabatnya menyarankannya untuk dirawat di Singapura supaya lebih optimal.

“Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura,” ungkapnya dalam tuisan di Facebook.

Di masa awal perawatan, Luhut hanya ditemani istri, anak, serta satu ajudannya. Ponsel Luhut juga dipegang langsung oleh ajudannya sehingga urusan pekerjaan mesti lewat ajudannya.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak sebagaimana terlihat dari progres kondisi saya berangsur angsur membaik sampai saat ini. Sekarang saya mulai diperkenankan memegang ponsel untuk sejenak menengok urusan kerja meski belum sepenuhnya," tambah Luhut.

Luhut juga menyampaikan rasa senangnya akhirnya bisa menerima kunjungan untuk menjenguknya, dalam hal ini adalah presiden Jokowi maupus wakil presiden Ma’ruf amin.

“Saya juga sudah mulai menerima kunjungan Presiden @jokowi, Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali,” tulis Luhut. (ns)