Begini Sosok Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Kini Resmi Jabat KSAD TNI

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (foto: gemapos/ytb;sekertariatpresiden)
Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (foto: gemapos/ytb;sekertariatpresiden)

Gemapos.ID (Jakarta)- Jenderal TNI Maruli Simanjuntak telah resmi menjabat sebagai Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di di Istana Negara pada Rabu (29/11) siang.

Jenderal Maruli menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya telah diangkat menjadi Panglima TNI. Maruli sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad).

Adapun, Jenderal Maruli dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Lantas, seperti apa sosok Jenderal TNI Maruli Simanjuntak? Berikut adalah profil lengkap Maruli Simanjuntak.

Pria kelahiran 27 Februari 1970 ini diketahui adalah menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Mantan Danpaspampres tersebut, ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad TNI AD) oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada 2022 lalu.

Sebagai informasi, Maruli Simanjuntak merupakan jenderal bintang 3 Pangkostrad, dalam kariernya, dia merupakan lulusan akademi militer 1992 dan berpengalaman di bidang Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Tak hanya itu, bahkan sepanjang kariernya di militer, Maruli telah mencicipi beberapa jabatan penting seperti Komandan Detasemen Tempur Cakra (2002), Danseko Pusdikpassus (2009—2010), hingga Asops Danjen Kopassus (2014).

Kemudian, pada tahun 2014 hingga 2016 dirinya masuk dalam jajaran Pasukan Pengamanan Presiden dan menjadi Komandan Grup A. Sebelum akhirnya dia dipercaya menjadi Wakil Komandan Paspampres pada 2017 hingga 2018.

Setelah itu, pada tahun 2018 dirinya diangkat menjadi Komandan Paspampres masa Presiden Joko Widodo. Jabatannya ini berakhir pada tahun 2020 yang kemudian kariernya melejit setelah itu.

Pada saat itu, ia mulai diberi kepercayaan untuk mengemban amanah sebagai Pangdam IX/Udayana hingga 2022 dan dipercaya sebagai Pangkostrad setelah meraih pangkat Jenderal Bintang 3 nya atau Letnan Jenderal.

Pria asal Bandung, Jawa Barat ini dikenal sebagai sosok yang cerdas, akademik, rendah hati dan memiliki kemampuan intelijen yang baik. Sebagai seorang Pangkostrad dia telah mengoleksi beberapa brevet dan penghargaan mentereng.

Adapun di antaranya, yaitu brevet militer dalam negeri seperti Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Kualifikasi Cakra Kostrad, Brevet Para Utama, dan Brevet Kualifikasi Intai Tempur (Taipur).

Tak hanya sebatas itu, ia juga memiliki beberapa brevet dari militer asing, di antaranya Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), dan Advanced Military Free Fall Parachutist Badge (Singapore Army).(pa)