Pertamina SMEXPO Berlangsung Hingga 5 November di Gandaria City

Pertamina SMEXPO 2023 resmi dibuka pada Selasa, 31 Oktober 2023 di Jakarta. (gemapos/webPertamina)
Pertamina SMEXPO 2023 resmi dibuka pada Selasa, 31 Oktober 2023 di Jakarta. (gemapos/webPertamina)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina (Persero) atau SMEXPO 2023, masih berlangsung hingga akhir pekan ini (31 Oktober - 5 November 2023) di Gandaria City, Jakarta. Acara tersebut menjadi upaya Pertamina dalam menawarkan produk-produk khas Indonesia berkualitas, sekaligus ajang menambah wawasan dengan diskusi-diskusi seputar wirausaha.

Salah seorang pengunjung Pertamina SMEXPO 2023 Rima Dwi (25th) mengungkapkan pengalamannya saat berbelanja di Pertamina SMEXPO 2023. Dia mengatakan acara tersebut menjadi momen yang tepat untuk berburu produk-produk rumahan berkualitas dengan harga terjangkau.

Terlebih, sambung Rima, acara pameran UMKM seperti Pertamina SMEXPO 2023 dapat menjadi angin segar bagi para pelaku usaha yang baru-baru ini terdampak oleh penutupan salah satu platform belanja online oleh pemerintah.

"Sangat bagus ini mendukung produk lokal juga karena kan kita tahu sekarang industri rumah tangga juga masih sulit untuk mencari pasarnya. Sempat juga kemarin mereka banyak jualan di market place terus diblokir jadi ini baik juga untuk menjadi wadah pelaku UMKM jualan," jelasnya saat ditemui di Gandaria City, Kamis (2/11/2023).

Rima juga mengungkapkan bahwa terdapat aktivitas menarik seperti talkshow, hiburan dari artis kenamaan Tanah Air, hingga penawaran-penawaran menarik yang ditawarkan salah satunya potongan harga 5% dengan minimum transaksi Rp100 ribu dan melakukan pembayaran melalui aplikasi MyPertamina.

Pertamina SMEXPO 2023 saat ini tengah digelar di empat kota besar di Indonesia. Salah satunya di Jakarta, diikuti oleh 41 UMKM yang menjajakan beragam produk mulai dari makanan dan minuman, fesyen, perhiasan dan aksesoris, hingga kerajinan khas Indonesia. 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina SMEXPO merupakan ajang rutin Pertamina untuk mengenalkan UMKM binaannya ke masyarakat luas melalui pameran produk berkualitas. Selain pameran, juga diadakan temu bisnis, workshop, dan hiburan sehingga ajang ini semakin bermanfaat bagi UMKM dan pengunjung Pertamina SMEXPO.

"Acara ini menjadi ajang istimewa bagi para UMKM binaan Pertamina, terutama karena pada ajang-ajang tahun sebelumnya SMEXPO ini telah menghasilkan transaksi bisnis yang besar serta membuka peluang kerja sama. Besarnya potensi transaksi bisnis selama perhelatan Pertamina SMEXPO menunjukkan bahwa produk UMKM memiliki kualitas ekspor sehingga mempunyai nilai jual tinggi," jelas Fadjar.

Selain tengah dihelat di Gandaria City, Jakarta (31 Oktober - 5 November), Pertamina SMEXPO juga hadir di Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023) dan Pekanbaru (15-19 November 2023). Pertamina juga menyediakan platform digital virtual sehingga masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung, dapat melihat dan membeli produk-produk UMKM melalui www.smexpo.pertamina.com.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.(ns)