Majukan UMKM, Pertamina Gelar SMEXPO 2023 di Pekanbaru

Pertamina SMEXPO 2023. (Foto: gemapos/Pertamina)
Pertamina SMEXPO 2023. (Foto: gemapos/Pertamina)

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Pertamina (Persero) gelar pameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru sebagai upaya mendukung dan memajukan UMKM lokal. 

Pameran ini digelar selama lima hari (15-19/11/2023) di Living World, mengusung tema "Melangkah dari Lokal ke Global."

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, SMEXPO 2023 telah dilaksanakan di tiga kota lainnya yakni Jakarta, Balikpapan, dan Semarang, yang mendapat apresiasi positif dari masyarakat. SMEXPO di Pekanbaru kali ini diharapkan juga menorehkan apresiasi serupa.

"Pertamina SMEXPO 2023 tidak sekedar pameran produk UMKM, namun sebagai wadah pembinaan dari Pertamina untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar," jelas Fadjar dalam keterangan tertulis, Kamis (16/11/2023).

Lebih lanjut, Fadjar juga menyampaikan bahwa Pertamina juga memberi ruang bagi UMKM inklusi, dengan melibatkan komunitas disabilitas yang disebut "Sobat Istimewa", untuk mengapresiasikan kreativitas dalam bentuk karya yang dituangkan dalam berbagai produk.

Di sisi lain Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto mengatakan, SMEXPO 2023 menjadi upaya nyata untuk memperkenalkan produk UMKM secara luas, melalui beragam aktivitas.

"Ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina terhadap pilar-pilar keberlanjutan, terutama dalam mengimplementasikan program pembinaan sebagai bagian inklusif dari Pertamina Sustainable Economy," ungkap rudi dalam keterangan tertulis.

Rudi menambahkan, seiring dengan tren saat ini, produk UMKM kian eksis dan berkembang menjadi satu industri yang memiliki potensi besar. Kehadirannya telah berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Sedangkan di Riau, Pertamina telah membina sekitar 2.860 UMKM melalui berbagai kegiatan pelatihan, pameran, promosi dan pendampingan sertifikasi.

"Kami berharap para pelaku usaha dapat terus mengeksplorasi kreativitas dalam menghasilkan produk  dengan tetap memperhatikan potensi lokal yang ada," kata Rudi.

Pertamina SMEXPO di Pekanbaru juga menggelar ragam kegiatan menarik seperti Talkshow untuk peningkatan kapasitas pelaku UMKM mulai digital marketing, fotografi dan perencanaan bisnis dengan narasumber ahli, success story dari para pelaku usaha.(ns)