Mengenal Pohon Damar, Pohon Istimewa Asli Indonesia

Ilustrasi: Pohon Damar (foto: gemapos/ istock)
Ilustrasi: Pohon Damar (foto: gemapos/ istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Pohon damar (Agathis dammara) adalah salah satu aset alam Indonesia yang patut dijaga. Dengan pengelolaan hutan yang berkelanjutan dan upaya pelestarian, kita dapat menjaga keberlanjutan pohon damar sambil memanfaatkan manfaatnya bagi ekonomi, budaya, dan lingkungan.

Pohon ini tidak hanya menjadi elemen penting dalam hutan tropis Indonesia tetapi juga merupakan simbol kekayaan alam dan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Nah, kira-kira apa fakta dan keistimewaan dari pohon damar ini? Yuk kita telusuri bersama.

1. Pohon asli Indonesia

Pohon damar (Agathis dammara) adalah salah satu pohon asli Indonesia. Awalnya damar ini banyak tumbuh di pulau Sulawesi, kepulauan Maluku dan Filipina. Namun dalam perkembangannya pohon damar juga dibudidayakan di sejumlah perkebunan di pulau Jawa. Pohon ini tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter dpl.

2. Pohon Penghijaun

Pohon damar termasuk pohon besar sehingga sering kali dimanfaatkan untuk penghijauan, mencegah kerusakan tanah, dan sebagai penangkap air. Pohon damar memiliki batang lurus dengan diameter 1,5 meter, sedangkan tingginya bisa tumbuh hingga 65 meter.

Oleh karena itu, pohon damar sering kali dijadikan tanaman penghijauan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bogor. Pohon ini juga punya karakter mudah ditanam.

3. Pohon penghasil getah

Pohon damar terkenal karena getahnya, pohon ini sering diambil getahnya (resin) untuk berbagai keperluan. Masyarakat zaman dulu sering memanfaatkan getah damar ini sebagai sumber penerangan di malam hari.

Selain itu dunia industri juga memanfaatkan getah pohon damar untuk berbagai produk seperti lapisan plastik, tektil, cat, bahan plester, dan korep api.

4. Pohon tanaman industri

Selain getahnya, kayu pohon damar juga punya banyak manfaat lho! Biasa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkab pulp atau bubur kertas dengan kualitas baik. Jenis pulp dari kayu damar ini juga memiliki tingkat ketahanan tinggi. Selain untuk industri kertas, kayu damar juga sering kali dimanfaatkan untuk membuat konstruksi rumah.

Pohon damar adalah salah satu spesies pohon yang unik dan istimewa yang tumbuh secara alami di Indonesia. Pohon ini memiliki beragam kegunaan, serta memiliki nilai ekologi dan budaya yang mendalam. Oleh karena itu, yuk kenali dan tanam berbagai jenis pohon sebagai warisan untuk generasi kita selanjutnya.(ar)