Pemprov Sulteng Siap bangun Lumbung Pangan di Tingkat Desa

Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulteng Iskandar Nongtji menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela - sela kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), di Sigi, Rabu (4/10/2023)
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulteng Iskandar Nongtji menyampaikan keterangan kepada wartawan di sela - sela kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM), di Sigi, Rabu (4/10/2023)


Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Pangan mulai bersiap membangun lumbung pangan sederhana di tingkat desa dan kecamatan, sebagai bentuk upaya penyediaan stok cadangan pangan demi memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Lumbung pangan ini bertujuan untuk menyimpan cadangan pangan di desa dan kecamatan," kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah Iskandar Nongtji, di Sigi, Rabu (4/10), di sela - sela kegiatan gerakan pangan murah.

Iskandar Nongtji mengemukakan lumbung pangan sederhana menjadi satu pendekatan dalam menstabilisasi ketersediaan pangan dan menekan lonjakan harga bahan pokok pangan.

Di Sulteng, kata Iskandar, lumbung pangan sederhana telah terbangun di beberapa desa di 12 kabupaten se-Sulteng.

Dinas Pangan berencana untuk membangun beberapa lumbung pangan di Kabupaten Sigi salah satunya di Desa Boladangko, Kecamatan Kulawi.

"Pembangunan lumbung pangan skala kecil atau sederhana, menjadi prioritas yang kami selenggarakan," ujarnya.

Ia mengatakan pembangunan lumbung pangan skala kecil atau sederhana, pembiayaannya ditanggulangi oleh Dinas Pangan. Sementara untuk lahan, disiapkan oleh pemerintah tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

"Jika pemerintah desa berkeinginan untuk dibuatkan lumbung pangan, maka ajukan permohonan dan menyiapkan lahan, selanjutnya akan kami tindaklanjuti dengan membangun sesuai permohonan," sebutnya.

Oleh karena itu, Iskandar berharap pemerintah tingkat kabupaten maupun Kota Palu agar turut mendukung program pembangunan lumbung pangan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap pangan.

"Kami sangat berharap pemerintah tingkat kabupaten dan kota agar ikut menyosialisasikan program ini kepada pemerintah kecamatan dan desa di wilayahnya masing - masing," imbuhnya.

Terkait hal itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan mendukung program Dinas Pangan Provinsi Sulteng terkait pembangunan lumbung pangan di tingkat desa dan kecamatan.

Pemkab Sigi, ujarnya, akan ikut menyiapkan lahan skala kecil dan sederhana untuk pembangunan lumbung pangan sederhan. (ns)