Krirs Pemain, Kiper Indonesia Daffa Akui Nyaris Jadi Pemain Outfield di Final AFF

Daffa Fasya Sumawijaya (foto: gemapos/PSSI)
Daffa Fasya Sumawijaya (foto: gemapos/PSSI)


Gemapos.ID (Jakarta) Kiper cadangan Timnas Indonesia U-23 Daffa Fasya Sumawijaya mengakui sempat dipersiapkan oleh Shin Tae Yong untuk menjadi outfield player atau non-kiper saat Tim Garuda Muda krisis pemain melawan Vietnam di final Piala AFF U-23 2023.

Dalam pertandingan final Piala AFF U-23 2023 yang digelar di Stadion Provinsi Rayong, Sabtu (26/8), Indonesia mengalami krisis pemain.

Di final Piala AFF U-23 2023, Indonesia hanya memiliki 18 pemain atau cuma mempunyai tujuh pemain cadangan yaitu dua kiper dan lima outfield player.

Kondisi ini berbeda jauh dibandingkan Vietnam yang punya 12 pemain cadangan saat final Piala AFF U-23 2023.

Situasi kritis di bench pemain tersebut memaksa pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong menyiapkan Daffa Fasya Sumawijaya untuk menjadi outfield player yang notabene merupakan kiper cadangan di Timnas Indonesia U-23.

Rencana STY itu pun diakui Daffa Fasya saat tiba bersama rombongan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta usai pulang dari Thailand, Minggu (27/8) malam.

"Jadi sebelumnya memang direncanakan sama coaching staff untuk dipersiapkan baju saya buat jadi pemain, ya untungnya tidak terjadi, ya saya juga kan tidakterlalu siap buat jadi pemain gitu, ya. Kasih yang terbaik kemarin," ucap Daffa Fasyasaat tiba di Jakarta, Minggu (27/8) malam.

Daffa pun mengaku deg-degan saat tim pelatih Timnas Indonesia U-23 meminta dirinya mengganti jersey kiper menjadi kostum outfield player untuk dipersiapkan masuk saat extra time ketika para pemain Indonesia di lapangan sudah kehabisan tenaga.

"Pastinya deg-degan parah, maksudnya itu kan pertama kali saya di posisi seperti itu, ya, saya kan di timnas sebagai kiper terus gitu, tiba-tiba saya disuruh untuk dipersiapkan untuk menjadi pemain, kan, agak kaget juga gitu," ucap Daffa.

Namun rencana STY menurunkan Daffa sebagai outfield player urung terlaksana karena para pemain Indonesia mampu bertahan hingga lanjut ke babak adu penalti.

"Kalau misalkan itu [posisi bermain] kurang tahu saya ditaruh di mana. Tapi kalau misalkan dimainkan, ya saya juga siaplah. Kalau di SSB pernah [jadi outfield player], maksudnya seringlah, tapi ini kan levelnya Timnas gitu, ya kaget saja," ucap Daffa.

"Biasanya striker sih, kalau enggak bek. Mungkin kemarin mau dipasang jadi striker itu kayaknya hahaha," kata Daffa menambahkan.

Final Piala AFF U-23 2023 yang digelar di Stadion Provinsi Rayong, Sabtu (26/8), berakhir dengan kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Vietnam.

Indonesia kalah 5-6 dari Vietnam lewat adu penalti usai bermain imbang 0-0 hingga extra time. Hasil itu membuat Indonesia finis sebagai runner up Piala AFF U-23 2023.(da)