Kemenparekraf Gelar Bimtek Fotografi Untuk Pelaku Ekraf yang Ada di Rejang Lebong

Bimbingan teknis fotografi yang dilaksanakan Kemenparekraf yang diinisiasi anggota Komisi X DPR RI Dapil Bengkulu Dewi Coryati di Rejang Lebong, Kamis (foto: gemapos/antara)
Bimbingan teknis fotografi yang dilaksanakan Kemenparekraf yang diinisiasi anggota Komisi X DPR RI Dapil Bengkulu Dewi Coryati di Rejang Lebong, Kamis (foto: gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar bimbingan teknis atau bimtek fotografi bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Ketua Tim Pokja II Direktorat Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Jemmy Alexander usai kegiatan bimtek subsektor fotografi bagi pelaku usaha ekonomi kreatif di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan bimtek tersebut terlaksana atas inisiasi dari anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu Dewi Coryati.

"Saat ini fotografi dinilai sangat penting untuk mempromosikan produk, karya dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan, foto-foto obyek wisata maupun produk ekonomi kreatif yang dipromosikan melalui akun media sosial akan cepat menyebar karena saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial.

Para pelaku ekraf yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini, kata dia, diberikan pelatihan seni fotografi mulai dari cara pengambilan gambar yang baik dan benar sehingga foto yang dihasilkan bisa menarik orang banyak.

Sementara itu anggota Komsi X DPR RI Dapil Bengkulu Dewi Coryati menyebutkan bimtek fotografi kepala pelaku ekraf di Rejang Lebong ini diikuti oleh 100 orang peserta, di mana kegiatan ini penting diikuti guna mendukung pemasaran produk-produk yang mereka hasilkan.

"Fotograti sangat penting dalam pemasaran, karena melalui foto maka konsumen atau masyarakat sudah bisa mengetahui kualitas kondisi dari obyek yang dipasarkan baik obyek wisata maupun produk ekonomi kreatif," terangnya.

Kegiatan bimtek fotografi yang dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong kali ini, kata Dewi, karena daerah itu memiliki destinasi wisata yang indah dan bagus serta memiliki banyak produk ekonomi kreatif seperti kopi, panganan dan lainnya.

"Produk ekonomi kreatif dan wisata ini hanya bisa dipasarkan dengan baik bila memiliki kemampuan mengambil foto yang benar," ujar dia.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Jimmy Ramon dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pihak Kemenparekraf dan anggota Komisi X DPR RI dapil Bengkulu yang telah menggelar kegiatan bimtek di wilayah itu sehingga nantinya bisa meningkatkan SDM pelaku ekraf dan pariwisata setempat.(ra)