PSMS Medan Datangkan Pemain Dari K League 1 Korea Selatan, Siapa?

(foto: gemapos/ig-PSMSMedan)
(foto: gemapos/ig-PSMSMedan)


Gemapos.ID (Jakarta) Manajemen PSMS Medan mendatangkan tiga pemain asing dengan salah satu di antaranya adalah pemain dari Korea Selatan yang memperkuat klub di K League 1. 

“Ada tiga pemain asing yang didatangkan, yaitu dari Brazil, Uzbekistan, dan pemain dari Korea Selatan yang saat ini memperkuat klub di K League 1,” kata Direktur Teknik PSMS Medan H Andry Mahyar Matondang di Medang, Jumat.

Ia pun menyebut, pemain asal Korea Selatan itu sudah pasti memperkuat PSMS Medan untuk mengarungi laga di Liga 2 musim 2023/2024.

“Pemain itu kami rekrut saat dia masih membela klubnya di Korea Selatan. Bukan setelah menjadi mantan pemain di klub itu,” katanya yang menyebut pemain itu berposisi sebagai gelandang.

Ia pun memastikan, posisi pemain tersebut sesuai dengan keinginan tim pelatih Ridwan Saragih. Pemain itu didatangkan setelah ada kesepakatan antara pelatih dan manajemen PSMS Medan.

“Untuk pemain dari Korea Selatan sudah kami daftarkan ke PT LIB sebagai pemain asing, begitu juga dengan pemain dari Brazil. Sedangkan untuk pemain dari Uzbekistan masih trial,” katanya.

Pemain asing yang berposisi sebagai striker dan gelandang tersebut dijadwalkan tiba di Medan dalam tiga hari ke depan. Namun demikian, manajemen belum mengungkap nama ketiga pemain asing tersebut. 

"Kalau posisi, pemain dari Brazil striker, sedangkan yang dari Korea Selatan gelandang. Kalau namanya, nanti saja kita beritahu setelah mereka sampai di Medan," ujarnya.

PSMS Medan, lanjut dia, tidak memiliki banyak waktu untuk merekrut pemain asing karena Liga 2 akan bergulir dalam waktu 15 hari ke depan.

Sedangkan terkait tiga pemain asing yang pernah datang ke PSMS Medan namun tidak jadi direkrut, Andry mengatakan, ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Dari tiga pemain yang datang, dua di antaranya dinilai tidak lolos saat tes medis sedangkan satu pemain lain tidak memiliki posisi sesuai keinginan pelatih.

Seperti diketahui, penyerang asal Portugal Carlos Lomba dan pemain asal Brazil Mateus Toto sebelumnya sempat berada di Medan untuk menjalani trial sebagai syarat memperkuat PSMS Medan. Namun, keduanya belum pernah diturunkan di laga uji coba PSMS Medan termasuk turnamen pramusim Gubsu Edy Rahmayadi Cup. Keduanya kini sudah tidak terlihat lagi di PSMS.

Sedangkan pemain asal Jepang Hiroya Konno sempat diturunkan di turnamen tersebut namun batal direkrut.

“Tidak ada masalah dalam performa Hiroya, tetapi posisinya tidak sesuai yang dicari pelatih. Agen mengatakan dia penyerang nomor 10, tetapi pada kenyataannya di lebih di posisi sayap, posisi yang bukan kebutuhan kita,” katanya.

Sementara Pelatih PSMS Medan Ridwan Saragih mengatakan masih menunggu informasi dari Direktur Utama PT Kinantan Medan Indonesia Arifuddin Maulana untuk pemain asing yang direkrut.

“Nanti saja informasinya saat Dirut sudah kembali dari Jakarta. Akan kami sampaikan,” katanya. (da)