Sambut HUT RI dengan Pengobatan Gratis

Tampak masyarakat RT03/RW02 Kelurahan Sawagumu, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menyambut HUT RI ke 78 dengan kegiatan pengobatan gratis dan kegiatan positif lainnya, Minggu (13/8). (foto:gemapos/antara)
Tampak masyarakat RT03/RW02 Kelurahan Sawagumu, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menyambut HUT RI ke 78 dengan kegiatan pengobatan gratis dan kegiatan positif lainnya, Minggu (13/8). (foto:gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) - Masyarakat RT03/RW02 Kelurahan Sawagumu, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menyambut HUT RI ke-78 melalui kegiatan pengobatan gratis dengan melibatkan dokter dan tenaga medis yang berdomisili di wilayah itu, Minggu (13/8).

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Agustinus Kareth menjelaskan dominan penyakit yang diperiksa adalah asam urat, kolesterol, tensi darah, gula dan lainnya oleh satu orang dokter atas nama dr. Agnes Tanjung sebagai pegawai PPPK di Puskesmas Segun, Kabupaten Sorong.

"Untuk pemeriksaan kesehatan tadi ya warga antusias memeriksakan diri. Terlihat dari jumlah lembaran slip yang kita siapkan 50 lebih semuanya habis," jelas dia seperti dikutip gemapos, Senin (14/8/2023).

Dia mengakui bahwa kegiatan ini mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat karena baru pertama kali digelar dengan kegiatan yang sangat bermanfaat.

"Ini merupakan ungkapan kegembiraan masyarakat sebagai bentuk ekspresi menyambut HUT kemerdekaan NKRI," sebut dia.

Selain itu, ada sejumlah perlombaan untuk anak-anak remaja dan dewasa dengan hadiah menarik lainnya pun telah disiapkan panitia.

"Perlombaan kita sudah jadwalkan setiap sore, mulai hari ini nanti penutupannya tanggal 17 Agustus 2023," beber dia.

Agus Kareth menjelaskan bahwa panitia terbentuk pada seminggu yang lalu. Kemudian panitia bergerak cepat mengadakan koordinasi dan pertemuan untuk mempersiapkan semuanya.

"Kegiatan ini murni inisiatif kami warga di sini. Saling mendukung. Kemudian kompak menyumbang dana secara swadaya untuk mendukung semua kegiatan ini," terang Agustinus Kareth.

Tujuan kegiatan ini sebagai motivasi bagi RT lain agar bisa berbuat seperti RT03/RW02 Kelurahan Sawagumu. Dan juga bertujuan untuk memeriahkan HUT RI ke78 dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif.

Sementara itu, Ketua RT03 Hendra Hutapea menjelaskan, pergelaran berbagai kegiatan massal ini murni inisiatif warganya yang bertujuan memupuk tali silahturahmi, tali persaudaraan dan persatuan di lingkungan RT tersebut.

"Jadi, yang merancang semua ini adalah warga kami sendiri. Ini murni inisiatif sendiri. Di RT kita ada group WhatShapp(Wa). Muncul ide-ide atau gagasan untuk bagaimana mengisi memeriahkan HUT RI ini. Kemudian ide itu selaku RT kami buang (muat) di group, dan direspon baik oleh semua warga. Kemudian dibuatlah panitia yang diketuai Agustinus Kareth. Panitia lalu merencanakan kegiatan dan penganggaran serta penjadwalan pelaksanaan kegiatannya dan hari ini pembukaannya," jelas Hendra Hutapea di sela-sela kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis.

Hendra mengaku kaget melihat antusiasme warganya mengikuti kegiatan tersebut. Awalnya, kegiatan menyongsong 17 Agustus ini akan diadakan secara bersama oleh RT bertetangga yakni RT 2 dan 3.

Namun oleh tim panitia berkoordinasi, berdiskusi di group dan pelaksanaan kegiatan direalisasikan di RT03. "Tapi mereka warga RT tetangga , pihak RW dan pihak kelurahan kita undang juga ikut hadiri pembukaan. Juga pemeriksaan kesehatan juga mereka ikut diperiksa kesehatannya,"tutur Hendra.

Selaku ketua RT, ia mengapresiasi panitia maupun warga yang saling mensuport sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Menurut Hendra, kegiatan yang diinisiasi warganya ini bisa menjadi role model(teladan) bagi yang lain pada peringatan HUT RI di tahun mendatang.

"Saya kira apa yang dilakukan warga di sini bisa menjadi role model,"ucap Hendra. (pu)