Ini 3 Destinasi Wisata di Bogor yang Cocok Sambut HUT Kemerdekaan RI

Museum PETA yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah
Museum PETA yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah

Gemapos.ID (Jakarta) - Bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan ke-77 RI yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, kamu bisa menjelajahi destinasi wisata sejarah di Bogor, Jawa Barat untuk menambah kesan suka cita menyambut hari kemerdekaan.

Seperti yang diketahui, selain di sebut kota hujan Bogor juga dikenal sebagai salah satu kota yang penuh dengan peninggalan sejarah. 

Hal tersebut terlihat dari catatan sejarah, di mana Bogor merupakan wilayah yang dilalui Jalan Raya Pos. Jalan Raya Pos ini terkenal sebagai jalan hasil kerja paksa oleh Gubernur Daendels di masa penjajahan Belanda.

Tak hanya jalan Raya Pos, sejumlah tempat bersejarah masih berdiri kukuh di Bogor loh! Berikut destinasi wisata sejarah di Bogor yang dapat dikunjungi:

1. Museum PETA

Museum PETA terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor Tengah. Museum PETA sendiri merupakan singkatan dari Museum Pembela Tanah Air. Apabila masuk ke dalam museum, pengunjung akan disuguhi berbagai diorama yang menjelaskan perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajah.

Selain sarat akan pengetahuan sejarah, Museum PETA juga terletak di turis. Di sekeliling Museum PETA, terdapat beragam jenis kuliner khas Bogor yang dapat disantap. Sehingga, wisatawan dapat berwisata sejarah sekaligus berwisata kuliner.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor sejatinya merupakan salah satu peninggalan bersejarah. Kebun Raya Bogor kali pertama didirikan Gubernur Jenderal Belanda, Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen pada 1817.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga masuk dalam Daftar Sementara Warisan Dunia atau Tentative List Unesco World Heritage Site sejak 2018.

Di dalam Kebun Raya Bogor, wisatawan dapat menemukan banyak landmark sejarah. Misalnya, Monumen Olivia Raffles, istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Kemudian, terdapat juga area makam keramat di Kebun Raya Bogor, serta beberapa spot lain yang sudah berumur tua.

3. Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Di Bogor juga terdapat situs kebudayaan yang dijadikan tempat wisata sejarah, yakni Kampung Budaya Sindangbarang yang terletak di kampung Sindangbarang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Diketahui, Kampung Budaya Sindangbarang menyimpan banyak sejarah yang tiada tara. Di sini, terdapat 8 macam kesenian Sunda yang terus dilestarikan oleh para penduduknya. 

Terdapat juga sejumlah bukit berundak peninggalan kerajaan Pajajaran, serta upacara adat yang diselenggarakan setahun sekali bernama "Seren Taun". Upacara ini merupakan bentuk rasa syukur penduduk sekitar atas hasil panen yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, itu dia tiga destinasi wisata di Bogor yang cocok banget di kunjungi saat menyambut hari kemerdekaan. Bagaimana? Apa kamu tertarik? Semoga bermanfaat!(trv/ra)